Dilansir dari Wired, Kaspersky dan ESET, perusahaan produsen antivirus, menyatakan bahwa baru-baru ini muncul malware yang sempat menyerang Microsoft Visual Studio development tool. Dilaporkan bahwa ada tiga developer yang menggunakan alat pengembangan dengan versi yang sudah terinfeksi malware tersebut dalam game-nya. Malware tersebut sering disebut sebagai “Backdoor malware”.

Salah satu developer yang diketahui terkena serangan malware tersebut adalah Zepetto, dengan game bergenre FPS terpopuler, Point Blank. Developer lainnya adalah Electronics Extreme dengan game “zombie” berjudul Infestation dan satu developer lagi yang belum diungkapkan identitasnya. Saat ini, dilaporkan sudah ada lebih dari 92 ribu komputer yang terverifikasi terinfeksi malware tersebut.

Malware ini sebenarnya sudah pernah menyerang pada tahun 2017 dan berhasil menginfeksi hampir satu juta pengguna komputer ASUS melalui Live Update tool. Lebih lanjut, ESET melaporkan bahwa komputer-komputer yang terverifikasi terkena malware tersebut sebagian besar berasal dari Asia, yaitu 55% berasal dari Thailand, 13% berasal dari Filipina dan Taiwan, dan persentase yang lebih kecil berasal dari Hongkong, Vietnam dan Indonesia.

Dari mana asalnya virus ini? Malware tersebut diketahui memiliki desain untuk tidak mempengaruhi komputer dengan bahasa Simplified Chinese. Hal itu tentu mengindikasikan kuat bahwa virus tersebut berasal dari China.

Buat kalian yang memainkan game Pointblank, tak ada salahnya untuk berjaga-jaga dengan mengaktifkan antivirus komputer lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa menghubungi developer Zepetto.

Sumber: wired.com, gamebrott.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *