headset Headset dengan Mikrofon Pilihan untuk Ragam Aktivitas Saat New Normal headset 600x400

Foto: Flickr

Gamer, saat ini, kebutuhan headset yang dilengkapi mikrofon meningkat pesat. Tidak hanya untuk bermain game, tetapi headset bermikrofon tersebut juga sangat dibutuhkan untuk belajar online dan virtual meeting yang kian marak dilakukan sejak pandemi Covid-19 terjadi.

Bagi yang masih kurang begitu paham dengan berbagai macam headset dengan mikrofon yang ada di pasaran, sebaiknya mengetahui terlebih dulu bahwa  dari segi bentuk mikrofon yang disertakan pada headset, ada dua macam tipe gaming headset , yaitu mikrofon yang tertanam di dome speaker dan mikrofon tongkat yang dapat disesuaikain hingga ke depan mulut pengguna.

headset Headset dengan Mikrofon Pilihan untuk Ragam Aktivitas Saat New Normal HX25 01 1 600x600

Foto: Thundervox HX25

Mikrofon Terintegrasi dengan Sistem Omni-directional

Penggunaan mikrofon yang tertanam di dome speaker sempat “booming” karena bentuknya yang praktis dan tidak ribet. Agar bisa menangkap suara dari berbagai arah, jenis mikrofon ini dilengkapi dengan teknologi omni-directional microphone.

Teknologi omni-directional microphone adalah sistem mikrofon yang menggunakan beberapa titik mikrofon mini. Biasanya, dipasang 4 – 6 mikrofon berdiameter sekitar 5mm di pusat mikrofon.Kelemahan model mikrofon tanam yang menggunakan jenis mikrofon omni-directional adalah suara sekitar akan turut terdengar sehingga komunikasi kita justru akan terganggu. Hal ini tentu akan sangat mengganggu saat kita mengikuti gim. Suara teriakan suporter akan mengganggu komunikasi dengan tim.

Headset Gaming Rexus thundervox HX8 headset Headset dengan Mikrofon Pilihan untuk Ragam Aktivitas Saat New Normal HX8 06 300x300

Mikrofon Tongkat yang Lebih Fokus

Dalam kondisi seperti ini, kita butuh headset yang menggunakan mikrofon tongkat, bukan mikrofon tanam. Mikrofon tongkat membuat mikrofon jadi lebih dekat dengan sumber suara, yaitu mulut, sehingga suara kita jadi lebih fokus terdengar oleh lawan bicara.

Headset dengan mikrofon tongkat juga ada yang dilengkapi dengan omni-directional microphone. Ada beberapa titik mikrofon (4-6 titik) di ujung tongkat. Namun, karena jarak antara mulut dengan mikrofon maka meski beberapa titik mikrofon menangkap suara dari berbagai arah, tapi suara dari mulutlah yang mendominasi.

Untuk menjaga keergonomisan dan kepraktisan, mikrofon tongkat tersebut dibuat fleksibel sehingga bisa ditekuk dan tak mudah patah. Beberapa tipe juga dilengkapi dengan sistem foldable dan rectractable yang bisa dilipat dan disembunyikan.

Dengan demikian, tidak ada alasan lagi untuk mengatakan bahwa headset dengan mikrofon tongkat tidak praktis. Justru dengan mikrofon tongkat, headset gaming jadi lebih fungsional.

headset Headset dengan Mikrofon Pilihan untuk Ragam Aktivitas Saat New Normal Thumbnail Features VonixRX995 01 300x147

Gaming Headset Rexus Vonix F995

Tetap Bisa Pakai Masker

Awalnya, penggunaan headset dengan mikrofon tongkat terasa sedikit aneh. Tetapi, saat ini, masyarakat makin terbiasa melihat para presenter atau pembicara menggunakan headset tipe ini. Bahkan, jika beberapa orang berpendapat bahwa penggunaan headset dengan mikrofon tongkat ini justru menambah kepercayaan diri karena terasa makin keren.

Dari segi fungsinya dalam kondisi New Normal saat ini, tentu saja headset dengan mikrofon tongkat lebih jadi pilihan karena pengguna tetap bisa menggunakan masker saat bicara atau presentasi. Karena mikrofon bisa didekatkan ke arah mulut, maka suara yang keluar dari mulut yang tertutup masker tetap bisa tertangkap secara optimal dengan menggunakan headset ini.

Hal ini tidak bisa dilakukan oleh headset yang menggunakan mikrofon tanam di dome speaker. Suara dari mulut yang tertutup masker cenderung tidak jelas sehingga mikrofon tanam tidak bisa menangkapnya secara optimal.

Headset Gaming Rexus Thundervox HX20 Removable Jack headset Headset dengan Mikrofon Pilihan untuk Ragam Aktivitas Saat New Normal HX20 02 300x300

Rexus mempunyai beberapa lini headset dengan mikrofon tongkat yang keren, mulai dari yang paling murah hingga termahal. Headset gaming Rexus yang menggunakan mikrofon tongkat adalah RX-995, F65, Thundervox HX8, Thundervox HX10, dan seri tertinggi saat ini,  Thundervox  Stream Series HX20 dan HX25. Kesemua tipe headset tersebut dilengkapi dengan mikrofon tongkat yang fleksibel.

Buat kamu yang membutuhkan headset yang mumpuni untuk mendukung  semua aktivitas yang terkait dengan komunikasi audio di masa New Normal ini, headset dengan mikrofon tongkat dari Rexus tersebut dapat jadi pilihan terbaik.

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *