Gamer, sejak diluncurkan pada awal tahun 2020 lalu, headset gaming Rexus Vonix F30 mendapat sambutan yang luar biasa dari para gamer dan penggemar produk Rexus. Tidak menunggu waktu lama, headset inipun langsung ludes di pasaran.

Selanjutnya, masih sangat banyak peminat headset gaming ini yang menanyakan ketersediaan produk ini. Rexus tentu akan kembali menyediakan produk ini.  Perlu diketahui, headset gaming F30 ini jadi salah satu dari banyak produk gaming Rexus yang sangat diminati sehingga ketersediannya sempat langka di pasaran. Tentu menarik untuk mengulik alasan kenapa produk ini bisa sangat diminati khalayak, bukan?

Rexus F30

Ada Apa dengan F30?

Dari aspek teknis dan fungsinya, Rexus gaming headset Vonix F30 adalah headset yang diperuntukkan bagi para pemain game PC. Headset ini tampil dengan desain yang sederhana, kompak, dan memprioritaskan kegunaan. Keunggulan lainnya adalah headset ini mempertahankan durabilitas layaknya berbagai tipe headset Rexus lain yang sudah banyak digunakan di beragam game center.

Tampil tangguh, Vonix F30 tak mengesampingkan fungsi utamanya sebagai pemroduksi suara, dengan suara yang detil dan range lebar, seperti karakterisitik headset gaming pada umumnya. Headset ini menggunakan driver berdiameter 50mm untuk menghasilkan suara berdaya besar.

Headset Rexus F30 juga dilengkapi mikrofon fleksibel untuk mengambil suara dari berbagai arah, dengan beberapa titik mikrofon berdiameter besar, yaitu 5mm, di ujung mikrofonnya.

Tampilan headset ini dipermanis dengan lampu LED RGB yang secara otomatis berganti warna. Rexus F30 hadir dalam dua model desain LED yang manis, yaitu model LED line dan model LED strip.

Headset Gaming F30

Alasan Jadi Idola Baru

Dari beberapa aspek di atas, sebenarnya headset gaming Rexus F30 tidak jauh beda dengan beberapa headset gaming lainnya. Tidak ada fitur baru yang sangat spesial sehingga bisa menjadi sebuah point selling.

Tapi, perlu diingat bahwa justru dari spesifikasi standar tersebut, para pengguna headset gaming dapat menilai keseimbangan antara faktor desain – fungsi – kualitas suara – keawetan – harga. 5 unsur inilah yang tampaknya menjadi alasan produk ini menjadi salah satu idola baru. Yuk, kita bahas satu per satu.

Desain

Ini jadi alasan terkuat. Headset ini tampil dengan desain sederhana yang meneruskan beberapa tipe headset gaming PC Rexus terdahulu. Penggunaan bando yang lebar ternyata masih diminati oleh para gamer saat ini.

Bando tersebut sangatlah fungsional dan nyaman. Kehadiran bando yang lebar tersebut bukanlah tanpa alasan. Di dalam bando yang dilapisi material karet plastik yang nyaman, terdapat plat metal yang fleksibel dan sangat kuat. Dengan ukuran yang lebar, sekitar 4cm, tentu saja plat tersebut makin kuat dan dapat menjepit erat sehingga headset pas digunakan di kepala.

Dome speaker dengan desain konvensional berbentuk melingkar juga masih sangat digemari. Dibandingkan dengan desain   yang berbentuk lain, seperti segi lima atau oval, bentuk lingkaran lebih nyaman digunakan karena dapat melingkupi seluruh area telinga (overear) secara optimal.

Dome speaker Rexus Vonix 30 tersebut dilengkapi dengan earpad atau busa tebal dengan lapisan PU leather yang lembut. Itu membuat jepitan bando yang kuat tetap terasa nyaman saat digunakan, terutama untuk waktu lama.

Satu lagi yang jadi faktor penarik dalam desain Rexus F30 adalah penggunaan LED RGB yang tak berlebihan. Rexus F30 menggunakan cover plastik berwarna putih susu atau marble untuk  LED yang melingkari dome speaker sehingga cahaya LED tidak terlalu terang, meski tetap asyik dilihat.

Fungsi

Sebagai headset gaming untuk PC, Rexus F30 mempunyai tiga buah colokan. Dua colokan berupa jack 3,5mm sebagai konektor untuk audio dan mikrofon serta satu colokan USB untuk konektor daya menyalakan lampu LED-nya.

Saat digunakan di PC, pengguna tinggal mencolokkan ketiganya. Saat digunakan di ponsel, maka dibutuhkan kabel atau sambungan converter dari dua jack 3.5mm ke satu colokan 3.5mm untuk mikrofon dan audio.

Dari keberadaan konektornya saja, tampak bahwa headset ini mengutamakan segi fungsionalitas. Aspek fungsionalitas ini juga makin diperkuat dengan keberadaan mikrofon fleksibel dengan sistem konvensional, tidak perlu pakai sistem ditarik ataupun dicopot-pasang. Mikrofon ini dilengkapi dengan enam titik mikrofon kecil di dalamnya sehingga dapat menangkap suara dari berbagai arah.

Headset Gaming Vonix F30

Kualitas Suara

Bicara soal kualitas suara, tentu tidak bisa dilepaskan dari fungsi driver dalam headset ini. Sangat menguntungkan bagi pembeli bahwa dengan harganya saat ini, pembeli sudah mendapatkan headset dengan driver berdiameter terlebar di kelasnya, yaitu 50mm.

Keberadaan driver dengan diameter lebar tersebut memang tidak serta merta berpengaruh pada kualitas suara, tetapi secara pasti berpengaruh pada kekuatan power output suaranya. Tapi, dari segi kualitas suaranya pun headset ini tidak mengecewakan. Detilnya masih terasa, meski dentuman bas tak terlalu istimewa. Sangat cukup untuk fungsi komunikasi dan bermain game.

Sebagai headset gaming, karakteristik yang ditonjolkan tentu adalah suara yang clear dan bright. Karakter suara tersebut memang paling cocok menggunakan driver dinamis yang lebar karena membran pada drivernya lebih leluasa bergetar.

Keawetan

Keawetan atau durabilitas selalu berbanding lurus dengan kualitas material. Bentuk yang kompak, desain bando yang lebar dan kuat, serta bentuk mikrofon yang paten tentu sudah menjadi jaminan durabilitas headset ini.

Kekuatan headset ini makin disempurnakan dengan penggunaan kabel sepanjang 2,2m yang terbuat dari nilon rajut berlapis karet selang yang kuat. Penggunaan kabel jenis ini terbukti memberikan kekuatan maksimal dalam penggunaanya dengan memperhatikan faktor risiko tertarik atau terbakar oleh bara rokok saat pengguna menggunakannya dalam kondisi ekstrem.

Harga

Tak bisa dipungkiri, ini adalah salah satu faktor penentu kelarisan headset ini. Dengan harga yang dibanderol sekitar 160 – 185 ribu Rupiah – tergantung masing-masing toko – headset ini tentu jadi primadona baru di display ragam toko online. Dengan semua kualitas dan fitur yang telah dijelaskan di atas, harga segitu tampaknya sangat beralasan.

Di saat banyak pengguna yang membutuhkan headset untuk melakukan aktivitas komunikasi, headset ini dapat jadi salah satu solusi tepat mulai untuk melakukan video conference, online meeting, hingga bermain game. Beberapa alasan di atas tentu bisa menjawab rasa penasaran mengapa headset gaming Rexus F30 sangat banyak peminatnya.

Buat kalian yang sempat kehabisan stoknya, jangan kuatir. Rexus terus akan menyediakan stok headset ini di pasaran. Jadi, tunggu saja ya.

 

Telusuri Produk Rexus

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *