Gamer, mau game streaming? Siap. Selain membutukan capture card, kamu juga membutuhkan konektor antara capture card dengan perangkat lain agar bisa tekoneksi dengan baik. Salah satu konektor tersebut adalah kabel HDMI.

Kabel HDMI (High–Definition Multimedia Interface) merupakan salah satu komponen penting agar capture card dapat berfungsi dengan baik saat melakukan game streaming. Kabel HDMI berfungsi untuk melakukan transfer audio visual lintas perangkat.

Dengan menggunakan kabel ini, kamu bisa menghubungkan perangkat audio visual, seperti televisi, komputer, ponsel, dan capture card. Dalam game streaming, kabel ini menghubungkan antara capture card dengan peralatan game, seperti ponsel, PS4, ataupun komputer.

Kabel HDMI  hdmi Kenali Versi HDMI Buat Capture Card Agar Berfungsi Optimal MP HD200 07 600x600

Saat ini, ada banyak tipe dan jenis kabel HDMI yang ada di pasaran. Harganya pun bervariasi tergantung kualitasnya.

Sayangnya, tidak semua tipe kabel HDMI cocok digunakan untuk mengakomodasi capture card. Ada spesifikasi dan yang harus disesuaikan dengan kebutuhan transfer data dan resolusi yang diminta oleh perangkat.

Salah satu hal yang mensyaratkan spesifikasi tersebut adalah soal versi. Perlu diketahui, saat ini ada beberapa versi kabel HDMI yang banyak ditawarkan di pasaran.

Versi tersebut akan menentukan kualitas gambar dan kecepatan transfer sinyal gambar dari satu perangkat ke perangkat lain. Berikut beberapa versi HDMI dan kompatibilitas resolusi konten yang didukung oleh versi tersebut.

  • Kabel HDMI versi 1.4: Kompatibel dengan tampilan video beresolusi 4K (30Hz) dan 3D
  • Kabel HDMI versi 2.0: Kompatibel dengan video beresolusi 4K (60Hz)
  • Kabel HDMI versi 2.0a: Kompatibel dengan konten beresolusi standar HDR (High Dynamic Range) dan Ultra HD (High-Definition) Blu-ray.
  • Kabel HDMI versi 2.1 : Kompatibel dengan konten beresolusi hingga 8K.

Tentu saja, tiap versi tentu berbeda harganya. Semakin tinggi versinya, harga yang ditawarkan pasti relatif lebih mahal.

Sebagai saran, pilihlah kabel HDMI berdasarkan standar yang sesuai dengan resolusi tampilan konten. Saat ini ada beberapa standar resolusi gambar yange ada, seperti 3D, 4K, dan HDR.

Capture card HD200 dengan kabel HDMI hdmi Kenali Versi HDMI Buat Capture Card Agar Berfungsi Optimal MP HD200 06 600x600

Foto: Capture card HD200

Karenanya, pilihlah versi kabel HDMI yang sesuai untuk tampilan konten. Buat mengakses game atau menonton film, gunakan kabel HDMI versi 2.0 atau lebih.

Seperti disebut di atas, ada beberapa komponen yang harus kita sambungkan secara bersamaan saat kita hendak streaming dengan menggunakan capture card. Kabel HDMI hanyalah salah satunya. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan komponen dan faktor lain.

Selain kabel HDMI, kamu perlu perlu perhatikan soal kompatibilitas MHL pada ponsel, konektor USB 3.0, proteksi HDCP pada perangkat, spesifikasi komputer yang kalian gunakan, dan tentu saja, pengaturan perangkat yang kalian gunakan, seperti OBS atau ataupun Streamlabs.

Semua peranti sudah siap? Selamat mengudara, Teman!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.