Gamers, tahukah kamu apa jenis keyboard yang kerap kamu pakai bermain game? Ya, mechanical keyboard atau juga disebut sebagai keyboard mekanikal. Keyboard mekanik memang saat ini makin mendapat tempat di hati para pengguna komputer. Tidak hanya untuk para gamers, keyboard mekanikal juga direkomendasikan untuk para profesional.

Tidak seperti perkembangan teknologi komputer, baik perangkat keras maupun lunaknya, perkembangan teknologi keyboard memang tidak cepat. Hingga saat ini, kita baru mengenal dua macam jenis teknologi keyboard, yaitu teknologi membran (Membrane Dome) dan teknologi mekanikal.

Keyboard Berteknologi Membran
Anda masih ingat mesin ketik manual? Ya, seperti itulah sensasi mengetik di atas keyboard mekanikal, terasa sedikit keras namun mantap. Teknologi keyboard mekanikal sebenarnya hampir sama dengan mesin ketik, hanya dikembangkan teknologinya dengan menggunakan komponen atau sirkuit elektrik. Pada sekitar tahun 1980an, produsen komputer kerap menggunakan teknologi mekanikal dalam keyboardnya, misalnya produk IBM.

Keberadaan keyboard berteknologi mekanikal mulai tergusur saat teknologi keyboard membran mulai bermunculan. Dalam sebuah keyboard berteknologi membran, terdapat tiga lapisan yang ditempatkan tepat di bawah tombol keyboard. Membran tersebut terbuat dari silikon yang di bawahnya dilengkapi lapisan granit. Fungsi membran tersebut berfungsi untuk menghantar sinyal ketukan untuk mengaktifkan lapisan sirkuit di bawahnya.

Pergeseran dari teknologi keyboard mekanikal awal ke keyboard berteknologi membran adalah karena beberapa alasan berikut:

1. Suara ketikan terdengar lebih lembut.
Karena ketukan tombol keyboard dilapisi oleh lapisan silikon terlebih dahulu sebelum menghantam sirkuit elektrik di bawahnya, maka suara yang keluar jadi lebih lembut. Hal ini tentu tidak akan menimbulkan kebisingan saat digunakan di kerja, terutama perkantoran.

2. Lebih ringan.
Keyboard berteknologi membran biasanya terbuat dari material plastik sehingga lebih ringan dan mudah dibawa ke mana-mana.

3. Lebih murah.
Karena materialnya kebanyakan terbuat dari plastik, harga keyboard membran lebih murah dibandingkan keyboard mekanikal. Bagi produsen komputer yang biasa menjual PC dalam bentuk paket, penggunaan keyboard membran dirasa jauh lebih menguntungkan.

Keyboard Berteknologi Mekanikal
Sekarang, teknologi keyboard mekanikal merupakan penyempurnaan dari teknologi keyboard mekanikal sebelum tergantikan oleh keyboard membran. Penyempurnaan itu meliputi penggunaan material yang solid (metal) hingga beragam teknologi lain yang membuat jenis keyboard ini jadi lebih menarik, terutama buat para penyuka game.

Berbeda dengan keyboard membran, keyboard mekanikal menempatkan individual switch pada masing-masing tombol. Jadi, masing-masing tombol pada keyboard mempunyai mekanik tersendiri yang dilengkapi oleh pegas sehingga tombol bisa memantul secara sempurna.

Jika ditilik secara global, keyboard mekanikal jauh lebih awet dan tangguh dibandingkan pendahulunya. Sebagai contohnya, keyboard mekanikal dapat bertahan 50 juta kali klik atau lebih, sedangkan keyboard membran rata-rata hanya 10 juta kali. Tahukah kamu? Saat ini, masih banyak terdapat keyboard mekanikal lama yang berumur kurang lebih 30 tahun masih dapat digunakan, salah satu contohnya adalah IBM Model M dengan konektor PS/2.

Berikut beberapa alasan mengapa banyak orang mulai melirik kembali keyboard berteknologi mekanikal.

1. Lebih tahan lama.
Keyboard mekanikal menggunakan switch mekanik berbahan metal dan plastik. Keyboard mekanikal pun terasa lebih berat dan kokoh, karena memang switch yang digunakan merupakan switch berkualitas tinggi.

2. Sensasi mengetik lebih mantap.
Kebanyakan switch mekanikal yang ada di pasaran memiliki mekanisme kerja di mana switch tersebut akan menerima input dari keycaps yang Anda tekan walaupun hanya setengah tekan, dan setelah mencapai titik tengah dari switch tersebut. Kemudian, bunyi “klik” akan terdengar. Bagi para gamers, sensasi menekan sekaligus bunyi “clicky” yang mantap akan menambah sensasi saat bermain game. Apalagi, kamu memilih keyboard mekanikal yang menggunakan mekanik tombol berwarna biru atau hitam.

3. Lebih akurat dan mengurangi risiko RSI,
Karena ada jarak beberapa milimeter antar tombol pada keyboard mekanikal, maka pemencetan tombol jadi lebih akurat – tidak melenceng ke tombol lain. Ini berbeda dengan keyboard membran yang jarak antar tombolnya sangat rapat. Beberapa sumber mengungkapkan bahwa resiko RSI (Repetitive Strain Injury), penyakit yang terjadi saat Anda mengetik terlalu banyak, akan jauh berkurang jika menggunakan keyboard mekanikal.

4. Mudah dalam perawatan.
Anda dapat melepeas semua keycaps yang terdapat pada keyboard tersebut, sehingga akan memudahkan Anda untuk membersihkan debu yang terselip di antara keycaps ataupun di badan keyboard.

5. Dapat dimodifikasi sesuai selera.
Kamu termasuk orang yang suka tampil beda? Kamu bisa mengganti masing-masing tombol keyboard sesuai selera.

6. Lebih gaya.
Beberapa keyboard mekanikal di pasaran memiliki backlight LED yang sangat menarik. Namun jangan khawatir, jika Anda termasuk orang yang tidak terlalu suka dengan backlight LED, terdapat juga keyboard mekanikal polos yang tidak memiliki LED.

7. Kemampuan Anti-Ghosting
Pernah mencoba menekan beberapa tombol secara bersamaan di komputer dan tidak semuanya muncul di layar? Itulah yang dinamakan ghosting. Karena sirkuit di keyboard-nya yang sederhana, membrane dome based keyboard tidak mampu untuk menerima beberapa input secara bersamaan. Hal ini tidak akan kita temui di mechanical keyboard karena setiap tombolnya memiliki individual switch.

Lebih banyak keunggulan yang akan kita dapatkan dengan menggunakan mechanical keyboard, tetapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa harga yang dibanderol untuk keyboard ini masih cukup tinggi, terutama untuk pasar gamers yang kebanyakan masih remaja.

Selain itu kerasnya noise yang dihasilkan oleh mechanical keyboard juga merupakan hal yang membuat beberapa orang masih belum tertarik untuk menggunakannya karena ia lebih suka dengan suasana sunyi saat melakukan pekerjaan ketik mengetiknya.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa memilih keyboard berteknologi mekanikal yang berkualitas tinggi namun tetap terjangkau. Pilihan yang tepat adalah dengan menggunakan produk keyboard dari Rexus, baik yang wired maupun wireless. Nah, bagi kamu yang membutuhkan keyboard mekanikal dengan suara yang tetap lembut, Rexus Legionare MX6.

Jadi, apa pilihan kamu?

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *