Gamer, ukuran ketinggian kursi gaming sangat menentukan kenyamanan penggunanya. Sayangnya, bagi beberapa orang yang ukuran tubuhnya tidak terlalu tinggi, menyesuaikan ketinggian kursi gaming bukanlah hal yang sederhana.

Meski di pasaran banyak tipe kursi gaming dengan beberapa ukuran, tidaklah mudah memilih tipe kursi yang mempunyai ukuran yang pendek. Sebagai contoh, kursi gaming Rexus RGC 103, DT1, dan Raceline RC2 menggunakan roda caster dengan diameter 7,5cm. Buat kamu yang ingin kursi gaming dengan diameter roda yang lebih pendek, kamu bisa memilih kursi gaming Rexus seri RGC 101.

Meski demikian, bagi beberapa orang, terutama buat pengguna yang masih “bocil”, kursi tersebut masih terasa terlalu tinggi. Banyak di antara mereka yang duduk dengan kedua telapak jinjit.  Padahal, ketinggian kursi sudah dipendekkan dengan menurunkan gas lift-nya.

Lalu, bagaimana solusinya? Gampang, ganti roda atau caster kursi gaming kalian! Sesederhana itu, tetapi mungkin banyak di antara kalian yang tidak terpikirkan perihal ini.

Nah, buat kamu yang kemudian terinspirasi hal ini, simak penjelasan berikut agar kamu dapat memilih dan mengganti roda kursi gaming kamu dengan tepat.

Caster kursi gaming Rexus RGC101 kursi gaming Kursi Gaming Terlalu Tinggi? Sesuaikan Roda Caster-nya. Ini Caranya! caster

Foto: Caster kursi gaming Rexus RGC101

Ukuran Roda atau Caster Kursi Gaming

Seperti kita ketahui, terdapat lima buah roda pada kursi gaming. Kelima roda tersebut berfungsi untuk menyangga beban, memberi keseimbangan, dan mendukung mobilitas kursi gaming.

Setiap tipe kursi gaming mempunyai ukuran masing-masing.  Ukuran yang dimaksud adalah diameter roda.

Saat ini, di pasaran, ada beragam ukuran roda atau caster kursi gaming. Ukuran yang biasa digunakan oleh kursi gaming adalah diameter 5, 6, dan 7 sentimeter. Ukuran tersebut tentu adalah patokan umum karena biasanya berukuran lebih dari itu, seperti misalnya 5,5cm, 6,3cm, atau 7,5cm.

Ukuran caster tersebut hanya terkait pada diameternya, sedangkan untuk sistem kerja dan materialnya sama. Dari faktor sistem kerja, kesemua ukuran caster tersebut mendukung perputaran ke semua arah sehingga roda penyokongnya dibuat dapat berotasi 360 derajat.

Dari sistem seperti itulah muncul perbedaan antara istilah caster dengan wheel. Caster digunakan untuk menyebut roda yang bisa berputar 360 derajat, sedangkan wheel mengacu pada roda yang hanya bisa bergerak dua arah, yaitu ke depan dan ke belakang.

Dari faktor material, caster kebanyakan terbuat dari plastik keras atau nilon padat. Bahan yang terakhir tersebut makin banyak digunakan oleh produsen kursi gaming. Roda Nilon sangat kuat dan memberikan kapasitas beban tinggi. Roda tersebut juga tahan terhadap gesekan atau keausan dan benturan.

Terdapat dua grade nilon yang paling umum digunakan sebagai bahan roda, yaitu Nylon 6 dan Nylon 66. Grade ini merupakan grade yang lebih baik dibandingkan dengan beberapa nilon lainnya.

Untuk mengganti caster atau roda kursi gaming, kamu tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam kok. Harga satuan caster hanya sekitar 70 ribuan. Untuk mengganti seluruh caster sebuah kursi gaming, kamu memerlukan sekitar Rp350.000an. Masih relatif terjangkau.

Roda kursi gaming Rexus kursi gaming Kursi Gaming Terlalu Tinggi? Sesuaikan Roda Caster-nya. Ini Caranya! WebLayout RGC 101 04 547x600

Mencopot dan Memasang Kembali Caster Kursi Gaming

Setelah mengetahui jenis, ukuran, dan harga caster kursi gaming yang hendak kita pasang, pekerjaan belumlah selesai. Kendala yang menanti di depan adalah cara melepas caster atau roda kursi gaming lama dan memasang yang baru.

Tapi, jangan kuatir, ada beberapa teknik yang bisa digunakan. Berikut beberapa hal yang perlu kalian ketahui saat  mencopot dan mengganti caster kursi gaming.

  • Pastikan ukuran caster sama

Tidak hanya ukuran diameternya lingkaran roda yang perlu dipastikan sama, kamu juga harus memastikan agar diameter pin atau tongolan besi penyangga sama dengan tipe caster yang ingin digantikan. Standar diameter pin caster adalah 11mm dengan panjang sekitar 22mm.

  • Balikkan kursi gaming

Pertama, balikkan kursi gaming agar caster berada di atas. Agar tidak rusak, alasi dengan mengunakan kain tebal atau karton dus.

  • Beri pelumas atau peluruh karat

Langkah selanjutnya adalah melumasi lubang sekitar pin caster dengan menggunakan pelumas, cairan peluruh karat seperti WD-40, atau formula sederhana dengan mencampurkan minyak tanah dan minyak goreng. Ketuk-ketuk ringan sekitar pin caster agar cairan masuk ke dalam sela-sela pin dan lubangnya.

  • Tarik hingga copot

Selanjutnya, tarik ke atas caster dengan memegang rodanya. Dengan sedikit dihentak, maka ring pengait yang ada di pin baja caster akan copot sehingga caster bisa dicopot.

  • Pasang caster yang baru

Jika caster lama sudah copot, maka bersihkan lubang pin caster dan olesi dengan pelumas sebelum caster yang baru dipasang. Setelah cukup licin, masukkan pin caster ke lubang dan tekan hingga terdengar bunyi klik, tanda ring pengait sudah terkait kembali.

Dengan menyesuaikan ukuran atau diameter caster, kamu akan mendapatkan ketinggian kursi gaming yang ideal. Selamat mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *