Gamer, menjadi gamer pro alias pemain game profesional adalah salah satu pilihan profesi yang menggiurkan saat ini. Profesi ini menjanjikan pendapatan yang tinggi.

Banyak pemain game profesional yang bergabung dengan tim game pro terkemuka yang telah menjadi jutawan ataupun milyader. Tidak hanya dari gaji yang diperoleh dari tim ataupun bonus dari setiap menang turnamen, pendapatan gamer profesional juga diperoleh dari berbagai pos, seperti iklan, brand ambassador sebuah produk, royalti sebagai influencer di marketplace, hingga monetizing kanal media sosial yang mereka miliki.

Nah, buat kalian yang memang memutuskan dunia game profesional sebagai jalan hidup, kamu harus mulai untuk memperkenalkan kemampuan kamu agar bisa dilirik oleh tim game profesional. Seperti kita ketahui, saat ini ada banyak sekali tim game profesional. Di Indonesia saja, setidaknya ada tim Onic Esports, Boom ID, Aerowolf, RRQ, dan masih banyak lagi.

Agar menarik perhatian tim-tim esports besar tersebut, tentu kalian harus bisa “memasarkan” kemampuan dan prestasi kalian dalam bermain game. Kalian butuh strategi jitu untuk menarik perhatian tim-tim profesional. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan.

Free fire max gamer Mau Jadi Gamer Profesional? Nih Kiat agar Direkrut Tim Pro freefire 600x376

Fokus pada satu game

Baiklah, kamu jago di semua game. Tapi, kalau semua game kamu kuasai, maka kamu takkan bisa fokus dan berprestasi di game tersebut. Agar bisa fokus, pilih game yang memberikan peluang untuk berkembang secara profesional.

Saat ini, game Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile adalah beberapa game mobile populer yang sering dikompetisikan di arena esports profesional. Untuk platform game PC, Valorant menjadi game sedang naik daun, selain tentu saja Dota 2 yang sudah sejak lama menjadi game favorit di turnamen game profesional.

Pilih game dengan banyak penggemar

Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah soal platform. Beberapa game hanya tersedia di platform tertentu, seperti League of Legends di PC atau Call of Duty League yang dimainkan di Playstation.

Pilih platform game yang umum dan biasa dimainkan karena tentu fanbase-nya banyak sehingga membuatmu berpeluang terkenal lebih besar. Fanbase yang besar ini juga secara tidak langsung akan berpengaruh pada jumlah follower atau subscriber media sosial kamu. Tentu ini nantinya akan berpengaruh pada aspek monetasi yang kamu peroleh dari penyedia platform media sosial.

Bermain game gamer Mau Jadi Gamer Profesional? Nih Kiat agar Direkrut Tim Pro WL MX9P 01 600x248

Ilustrasi: Keyboard gaming Rexus MX9P

Latihan secara cerdas

Ini adalah langkah dasar yang musti kalian miliki. Latihan akan membuat permainan kalian meningkat.  Saat latihan, kalian bisa menggunakan produk gaming dari Rexus yang berkualitas dan tetap terjangkau. Dengan peralatan gaming tersebut, kalian bisa latihan senyaman mungkin tanpa takut merusakkan produk karena produk gaming Rexus sudah terkenal ketangguhannya.

Latihan tidak sebatas bermain game dalam waktu lama, tetapi juga harus diimbangi dengan mengasah strategi. Caranya bagaimana? Tentu saja dengan rajin menonton permainan para pemain pro yang sudah jago untuk menambah referensi dan melatih pengambilan keputusan dalam segala kondisi permainan.

Gamer profesional harus belajar menganalisa

Tak hanya berlatih, kamu juga tetap harus banyak belajar. Menurut Tommy Mualim, seorang sertified gaming referee dan pengajar di Universitas Paramadina, latihan bermain game akan mengasah ketrampilan motorik seorang gamer, sedangkan belajar berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kognitif  untuk memahami alur sebuah game.

Hal ini sangat penting untuk mengerti meta dalam sebuah game. Jika sudah terbiasa memetakan meta dalam sebuah game, maka kamu memiliki kemampuan beradaptasi secara cepat saat bermain, mengikuti teknik baru, menggunakan senjata terbaik baru, dan menghapus metode lama dalam bermain.

dota 2 chart gamer Mau Jadi Gamer Profesional? Nih Kiat agar Direkrut Tim Pro Dota2 Chart 600x517

Push Rank

Hampir setiap game yang populer memiliki turnamen online yang terbuka untuk umum. Manfaatkan sebagai ajang untuk mencapai level tertentu alias push rank. Semakin tinggi ranking kamu, semakin kamu menonjol sehingga kesempatan dilirik oleh tim profesional lebih besar.

Sebagai contoh, dalam game DOTA 2, setiap pemain memiliki MMR yang akan tercatat di database. Semakin tinggi nilai MMR yang kamu miliki, tentu akan menarik perhatian para pencari bakat gamer untuk game tersebut. Nilai tersebut layaknya menjadi sebuah portofolio seorang gamer, terutama gamer DOTA 2.

Berani mengikuti turnamen besar

Jika kamu dan tim sudah mulai percaya diri, saatnya uji nyali dengan mengikuti turnamen berhadiah. Mulailah dari level yang rendah dulu agar mempersiapkan mental dan kemampuan kamu. Seiring dengan peningkatkan kemampuan, naikkan level turnamen. Turnamen dengan level tinggi akan memberimu kesempatan untuk bermain melawan pemain berkelas.

Mengikuti turnamen juga berfungsi untuk menempatkan namamu di peta pemain game. Salah satu contohnya adalah pemain Fortnite, Unknown Army. Awalnya, tidak ada yang tahu siapa dia sampai dia mulai bermain dan memenangkan turnamen mingguan Fortnite. Akhirnya, dia sangat terkenal saat ini di dunia Fortnite.

Capture Card Rexus HD200 untuk game streaming gamer Mau Jadi Gamer Profesional? Nih Kiat agar Direkrut Tim Pro MP HD200 06 600x600

Foto: Capture Card Rexus HD200 untuk game streaming

Populerkan diri dengan game streaming

Saat ini, makin banyak kanal yang bisa digunakan untuk mempertontonkan kemampuan kamu bermain game, seperti di Twitch ataupun Youtube. Mulailah aktif di akun streaming untuk mempertunjukkan keahlianmu. Selain mempertunjukkan keahlian bermain game, dengan akun ini, kamu bisa berinteraksi dengan orang lain secara live. Toh, misalnya kamu memang tidak cukup jago sebagai gamer profesional, kamu tetap bisa terkenal dan mendapatkan monetasi dari kanal game streaming kamu ini.

Untuk menjadi game streamer itu, kamu cukup bermodalkan kreativitas, kemampuan bermain game, bakat berinteraksi dengan orang lain, keberuntungan, dan tentu saja peralatan yang memadai.

Soal peralatan streaming, kamu bisa memulai dengan menggunakan peralatan yang terjangkau. Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan peralatan streaming set dari Rexus.

Merek ini menyediakan beragam peralatan dasar untuk menjadi game streamer, seperti Capture Card HD200, mikrofon kondenser M4 dan M8, serta beragam headset gaming dan peralatan gaming lainnya. Dengan modal yang tidak terlalu besar, kamu bisa mencoba untuk mulai “memasarkan” diri kalian agar kesempatan menarik perhatian tim gamer profesional makin besar.

Perbanyak jaringan pertemanan dengan sesama gamer 

Networking tidak bisa dilepaskan dari kesuksesan kamu di dunia game profesional. Kamu bisa semakin mengembangkan jaringan pertemanan antar gamer dengan mengikuti beberapa kelas coaching yang diadakan oleh beberapa instansi.

Salah satu yang bisa kamu ikuti adalah RRQ Academy. Program ini diadakan oleh tim gamer profesional terkemuka, RRQ, untuk menawarkan kelas khusus gamer, sekaligus menjaring bakat-bakat baru.

Perlu kalian ketahui, menjadi gamer profesional itu tak mudah. Banyak yang sudah mencoba tapi banyak pula yang gagal. Tapi, akan lebih menyesal jika kamu tak mencoba hal yang selama ini jadi passion kamu ini, bermain game.

Selamat mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.