rexus legionare mx5 tkl

Gamers, kalian pasti senang donk saat berhasil membeli sebuah keyboard mekanikal Rexus dari shop.rexus.id atau marketplace lainnya. Setelah menunggu proses pengiriman, keyboard mekanikal idaman pun akhirnya sampai di depan pintu rumah.

Tak butuh waktu lama, kamu pun langsung unboxing, foto sana-sini sedikit sebagai bahan update status media sosial, kemudian kamu pun ingin segera mencoba keyboard keren untuk bermain game di komputer rumah kamu. Jika membeli seri keyboard mekanikal Rexus yang menggunakan kabel (wired), kamu tentunya mencolokkan kabel USB keyboard ke koneksi USB komputer kamu.

Sistem Plug and Play
Saat ini, sebagian besar produk perangkat keras yang terkoneksi di komputer, menggunakan sistem plug and play, pasang dan langsung gunakan. Artinya, komputer akan secara otomatis memindai driver perangkat keras yang disambungkan melalui proses sinkronisasi otomatis yang cepat.

Foto: pixabay

Dengan sistem plug and play, kamu tak membutuhkan software driver untuk menyinkronkan perangkat keras,seperti keyboard ataupun mouse, dengan komputer. Lebih praktis karena kamu tak perlu mengunduh dan kemudian menginstalnya di komputer.

Kecuali Keyboard Mekanikal seri Legionare MX7, semua keyboard mekanikal Rexus mengadopsi sistem plug and play. Perangkat keras keyboard Rexus juga bisa diaplikasikan di semua Operating System (OS) komputer, seperti Windows 98, Windows 7, hingga Windows 10.

Bagaimana Jika Tak Terdeteksi?
Idealnya, semua keyboard dan mouse dengan sistem plug and play akan langsung dikenali oleh sistem komputer kamu. Itu akan tampak dalam notifikasi “Found New Hardware” yang keluar di monitor.

Tapi, ada beberapa kasus keyboard mekanikal atau mouse tidak dikenali oleh komputer. Jika kamu pun mengalami hal serupa, jangan langsung bingung dan memvonis keyboard yang baru saja kamu beli itu sebagai produk gagal.

Tenang, bro. Jika kamu mengalami hal ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Klik “My Computer”, Start > My Computer. Di sana akan tampak drive perangkat keras keyboard baru. Kemudian, klik dua kali pada notifikasi itu.

2. Jika keyboard mekanikal kamu membutuhkan driver, seperti seri Legionare MX7, maka sebelumnya kamu harus menginstal software driver dari CD driver yang disertakan dalam kemasan produk atau mengunduh software-nya di www.rexus.id/dukungan. Pastikan chipset software ter-install dengan baik ya, Bro.

3. Jika langkah pertama di atas tidak berhasil, langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan memindah USB keyboard ke colokan USB lainnya di komputer atau laptop. Perlu kamu tahu, USB mekanikal membutuhkan arus listrik mikro yang lebih besar dari keyboard biasa atau device lainnya karena berguna untuk mengoperasikan lampu LED yang ada di keyboard mekanikal.

Biasanya, ada beberapa colokan USB di komputer, sekitar 2 – 3 buah. Colokan USB pada komputer yang mempunyai arus agak besar biasanya terdapat di belakang CPU, sedangkan pada laptop biasa terdapat di sebelah kanan badan laptop.

4. Jika belum berhasil, berarti kamu bisa mengalihkan perhatian ke sistem komputer. Satu yang perlu diperhatikan adalah sistem BIOS komputermu. Kamu bisa melakukan “Restart” pada komputermu dan tekan tombol “F2” atau tekan tombol “Delete” beberapa saat untuk masuk ke BIOS.

Langkah selanjutnya, kamu cari konfiguras USB yang biasanya pada kolom Advance – USB Legacy Support. Di situ, cek apakah statusnya sudah “Enable” atau belum. Jika masih “Disable”, ganti ke “Enable”. Kamu juga bisa me-reset BIOS ke setting-an Default. Jika sudah, klik “Save” dan restart komputermu.

Semoga tips ini berhasil. Selamat mencoba.

5 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *