Gamer

Gamer, sebagian besar perangkat game PC terk0neksi dengan platform komputer yang digunakannya. Sebut saja, penggunaan di Windows 8 tentu berbeda dengan penggunaan di Windows 10. Hal ini juga berpengaruh pada kompatibilitas perangkat lunak bawaan perangkat gaming.

Saat ini, sebagian besar PC keluaran terbaru sudah menggunakan platform Win 10. Windows terbaru ini memang mempunyai beragam fitur baru yang makin lengkap. Sayangnya, ada beberapa perangkat lunak mouse dan keyboard gaming yang tidak kompatibel dengan tipe Windows ini.

Mouse Gaming Rexus Xierra X12

Foto: Mouse Rexus Xierra X12

Belum Dikenal oleh Sistem

Sebenarnya kata “tidak kompatibel” kurang tepat. Jadi, pada dasarnya, Windows 10 membutuhkan sedikit pengaturan agar sistem dapat mengenali perangkat lunak ataupun perangkat keras yang terkoneksi dengannya.

Perangkat lunak yang mendukung mouse mutakhir seperti Rexus Arsa, Rexus Daxa Air, Rexus Pro Wireless, ataupun mouse seri Xierra (X8, X12, X13) terkadang tidak bisa langsung dikenali oleh sistem Windows 10. Begitu pula dengan perangkat lunak yang mendukung fungsi keyboard, seperti pada keyboard Rexus Legionare MX10.

Biasanya, software mouse sudah terdeteksi di data program (C:), tetapi tampilan atau user interface software tidak bisa diakses.

Solusi Masalah

Seperti tertulis di atas, dibbutuhkan sedikit pengaturan pada Windows agar dapat mengenali perangakat lunak yang dikoneksikkan dengannya. Prinsipnya adalah dengan membuang cache pengaturan awal dan menginstalnya kembali. Berikut cara yang bisa dicoba.

1. Buka fitur My Computer/ This PC. Klik kanan dan kemudian masuk ke “Properties”

2. Buka Device Manager

3. Temukan fitur “Keyboards” di panel.

4. Temukan HID Keyboard Device kemudian Uninstal.

5. Setelah ter-instal, kembali ke “Keyboards” dan klik kanan, temukan “Scan for Hardware Changes“.

6. Akan muncul notifikasi “System Detect The Mouse Gaming“.

7. Balik ke “tray” dan klik ikon-nya.

8. Maka tampilan user interface software macro mouse akan muncul.

Cara ini juga dapat digunakan sebagai alternatif cara untuk mengatasi masalah jika perangkat lunak keyboard tidak bisa diinstal di Windows 10.

Sederhana, bukan? Selamat mencoba.

Desclaimer: Cara ini telah berhasil digunakan untuk kasus serupa. Jika tidak bisa, maka ada beberapa faktor lain yang mungkin menghambatnya. Temukan solusinya dengan mencari tutorial yang ada di internet.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *