Gamer, karena digunakan setiap hari, mouse gaming tentu berisiko mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering ditemui adalah kerusakan pada tombol mouse. Tombol mouse merupakan salah satu komponen yang kerja paling berat karena mengalami tekanan secara intensif setiap hari.

Jika mouse gaming kamu mengalami hal ini, ada dua pilihan yang ada. Pertama, jika mouse kamu masih dalam masa garansi atau tukar unit, gunakan fasilitas tersebut karena kamu tak perlu repot memperbaikinya. Kedua, jika mouse sudah tidak dapat lagi digaransikan atau kamu segan untuk menggaransikan, maka kamu bisa mencoba untuk memperbaikinya sendiri.

Mouse gaming rexus

Dua Masalah: Hardware dan Software

Pada dasarnya, masalah atau malfungsi pada tombol mouse dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor kerusakan pada perangkat dan faktor pengaturan perangkat lunak pada komputer yang belum tepat. Keduanya tentu harus ditangani dengan cara yang berbeda. Jika memang kerusakan berasal dari perangkat kerasnya, maka mau tidak mau kita harus membongkar mouse gaming tersebut dan melihat komponen tombolnya.

Dari pengalaman menangani keluhan pengguna mouse Rexus, sebagian besar masalah pada tombol mouse mengacu pada permasalahan di perangkat kerasnya. Biasanya, malfungsi pada tombol tersebut terdeteksi dengan tombol tidak berfungsi, hanya kadang-kadang merespon, secara tidak sengaja klik saat mouse digerakkan, salah klik, atau klik dua kali (doubleclick).

Cara yang paling mudah untuk mengetahui mouse kamu bermasalah perangkat keras atau perangkat lunaknya adalah dengan mencabut mouse dari komputermu saat ini lalu colokkan ke komputer lain, dan tes tombolnya. Begitu juga dengan mouse nirkabel, colokkan dongle USB nya ke komputer lain.

Jika masalahnya tetap sama saat dikoneksikan di computer lain, maka bisa dipastikan mouse mengalami masalah di perangkat keras. Tetap jika mouse berfungsi dengan baik di komputer lain, berarti ada masalah dengan pengaturan atau konfigurasi perangkat lunaknya dengan komputer saat ini.

Memperbaiki Tombol Mouse Rusak

Karena penggunaan, semua tombol mouse pada akhirnya akan mengalami kerusakan – seberapun mahal dan bagus mouse itu.  Jika mouse kamu masih dalam garansi, kami sarankan untuk menghubungi pabrikan dan memanfaatkan fasilitas itu. Perusahaan akan memperbaiki mouse tersebut atau mungkin akan mengirim yang baru.

Jika mouse Anda keluar dari garansi, kamu dapat mencoba memperbaikinya sendiri. Sebenarnya, banyak tutorial cara memperbaiki mouse yang ada di Youtube atau forum gamer. Di sini, kita akan membahasnya secara lebih singkat.

Peralatan yang dibutuhkan:

  1. Obeng dengan mata kecil yang biasa digunakan untuk elektronik.
  2. Jika ada solder uap, gunakan jenis ini agar permukaan solderan lebih rata dan detil.
  3. Kawat timah untuk solder.
  4. Kaca pembesar.

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

  1. Lepas penutup atas mouse dengan membuka mur yang biasanya tersebunyi di balik mousefeet.
  2. Setelah tutup terlepas, kita bisa melihat bagian switch atau saklar tombol mouse. Sambil dikoneksikan kembali ke PC atau laptop, tekan bagian switch tersebut. Jika saat ditekan ada reaksi, maka bisa diketahui bahwa penyebab kerusakan adalah silicon penahan tombol yang sudah lemah.
  3. Jika ditekan tidak bereaksi, berarti kemungkinan saklar atau switch tersebut mengalami rusak bagian dalamnya. Biasanya adalah karena per yang sudah mulai lemah sehingga stem tidak bisa menempel sempurna di elemen bawahnya.
  4. Tarik per tersebut agar kembali “nonjok” dan pasang kembali komponen casing switch
  5. Jika switch atau saklar tidak bisa dibetulkan lagi, maka ganti dengan switch baru yang setipe. Beberapa toko online di marketplace menjual produk ini.
  6. Setelah switch terpasang kembali, bersihkan bagian dalam mouse sekalian mumpung membongkarnya. Gunakan lap bersih untuk membersihkannya. Jika punya blower angin, manfaatkan untuk meniup debu di sela-sela komponen mouse.
  7. Kembalikan penutupnya dan mouse pun siap digunakan kembali.

Untuk membongkar dan memperbaiki tombol mouse ini memang dibutuhkan keberanian dan ketelitian. Keberanian yang dimaksud adalah keberanian untuk mencoba hal baru untuk memperbaiki sesuatu. Jika akhirnya kamu berhasil memperbaiki mouse gaming kamu, tentu ada suatu kebanggan tersendiri, bukan?

Selamat mencoba.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *