Keyboard Gaming Rexus Legionare MX5.1 Close Up Look keyboard Tombol WASD Keyboard Gaming Berubah Jadi Panah? Ini Solusinya Legionare MX5

Foto: Keyboard Gaming Rexus Legionare MX5.1

Gamer, adakah di antara kalian yang pernah mengalami tiba-tiba tombol WASD keyboard gaming berubah fungsinya menjadi tombol panah? Sudahkah ada solusi akan masalah tersebut? Jika belum, ada baiknya kita mengetahui solusinya sekaligus memahami mengapa hal itu bisa terjadi.

Masalah fungsi tombol WASD tertukar dengan tombol panah memang banyak dialami, terutama untuk pengguna WIndows. Meskipun masalah tidak eksklusif untuk versi Windows tertentu, sebagian besar hal ini terjadi pada Windows 10.

tombol keyboard keyboard Tombol WASD Keyboard Gaming Berubah Jadi Panah? Ini Solusinya WhatsApp Image 2018 08 01 at 15

Faktor Penyebab Tombol Keyboard Berubah Fungsi

Ternyata, ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Pertama, masalah ini dapat terjadi jika kamu menggunakan model keyboard yang tidak dirancang untuk berfungsi pada port USB 3.0.

Tentu saja, buat kamu yang mempunyai keyboard yang tidak kompatibel dengan USB3.0, kamu tinggal memindahkan colokannya ke port USB2.0.

Kedua, tanpa sengaja, tombol alternate diaktifkan. Beberapa model keyboard akan menyertakan pengaturan tombol alternatif yang akan menukar tombol WSAD dengan tombol panah. Biasanya itu terjadi akibat kombinasi tombol Fn dan tombol lain tertekan secara bersaman.

Tombol ieyboard keyboard Tombol WASD Keyboard Gaming Berubah Jadi Panah? Ini Solusinya keycap keyboard 602x430

Cara Mengatasi Masalah Tombol Keyboard

Jika solusi berdasar penyebab di atas tidak berhasil juga, maka ada beberapa alternatif cara yang bisa dipraktikkan untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Metode cabut-colok.

Mungkin terkesan sangat sederhana, tetapi metode ini tetaplah merupakan salah satu metode efektif untuk mer-refresh sistem dalam sebuah keyboard atau perangkat elektronik lainnya. Caranya tentu adalah dengan mencabut colokan USB keyboard dan kemudian memindahkannya ke port USB komputer lain.

Keyboard gaming  keyboard Tombol WASD Keyboard Gaming Berubah Jadi Panah? Ini Solusinya Daxam71pro1 1280x630

Foto: Keyboard gaming DAXA M71 Pro

  1. Non-aktifkan tombol alternatif.

Fitur tombol alternatif memang banyak digunakan di sebagian besar keyboard gaming. Ini bisa kita lihat dalam keybaoard dengan layout 70 persen atau TKL, seperti  keyboard DAXA M71.

Pengaktifkan tombol tersebut dilakukan dengan menekan tombol kombinasi beberapa tombol sekaligus, seperti Fn + tombol lain.

Dalam banyak kasus, pengaturan tombol alternatif tersebut justru aktif dengan sendirinya.  Artinya, jika kamu tanpa sengaja menekan kombinasi tombol yang tidak tepat, kamu justru akan bingung sendiri akan fungsi yang diakibatkannya.

Untuk tombol WASD yang berubah menjadi tombol panah, kamu bisa mengembalikan pengaturannya ke awal dengan menekan kombinasi tombol Fn + W. Jika itu tidak berfungsi juga, maka ada beberapa alternatif tombol lain yang bisa ditekan, yaitu:

FN + Tombol Windows

Tekan dan tahan tombol FN + E selama lebih dari 5 detik

FN + Tombol Esc

FN + Tombol Left

windows setting keyboard Tombol WASD Keyboard Gaming Berubah Jadi Panah? Ini Solusinya windows setting 600x208

  1. Jalankan troubleshooter perangkat keyboard

Jika cara di atas belum juga menyelesaikan masalah, kemungkinan terjadi error atau masalah kompatibilitas antara keyboard dengan sistem komputer. Untuknya, kamu bisa menjalankan troubleshooter perangkat, dengan cara:

  • Tekan tombol “Windows” + “I” untuk membuka pengaturan sistem.
  • Dalam pengaturan sistem, klik “Update and Security”dan kemudian pilih tombol “Troubleshoot” di kiri panel.
  • Klik tombol “Keyboard”.
  • Pilih “Run the troubleshooter” dan ikuti instruksinya.
  • Cek kembali apakah troubleshooter telah memperbaiki masalah yang ada.
  1. Perbarui Driver Keyboard

Dalam beberapa kasus, driver keyboard mungkin sudah ketinggalan zaman. Karenanya, ada baiknya kamu memperbarui driver keyboard di sistem komputer.

  • Tekan tombol “Windows” + “R”.
  • Ketik “devmgmt.msc”dan enter.
  • Dalam jendela system management, pilih “Keyboard” dan klik kanan.
  • Pilih “Update Driver” dan klik “Search Automatically for Updated Driver Software” di layar berikut.
  • Tunggu saat Windows mencari driver terbaru secara online dan periksa untuk melihat apakah ada yang tersedia. Jika ada driver yang tersedia, Anda dapat mencoba menginstalnya dengan mengikuti petunjuk di layar.
  1. Kendala pengaturan dari pabrik

Untuk model keyboard tertentu, mungkin ada pabrikan yang memiliki standar pengaturan keyboard tertentu. Sebagai contoh, ada beberapa keyboard yang dirancang dengan desain rollover 3-tombol. Itu berarti bahwa pada saat yang sama, hanya 3 tombol yang dapat digunakan.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan keyboard yang memiliki fungsi rollover N-Key. Ini akan memungkinkan penggunaan keyboard yang lebih serbaguna.

Bisa juga kamu mengalami masalah ini di game browser. Jika demikian, coba mainkan game di browser yang berbeda dan periksa apakah masalahnya masih terjadi.

Demikian beberapa solusi atas perubahan fungsi tombol WASD keyboard gaming yang berubah menjadi tombol panah dan sebaliknya. Selamat mencoba cara-cara di atas!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.