Gamers, lagi-lagi wifi kamu terputus dari handphone android kamu ya? Setelah sudah berhasil nyambung, eh malah putus lagi kan? “WOW, mimin Rexus kayak peramal!” adalah yang kamu teriakkan di kepala sekarang, mungkin. Tentu saja mimin tau, kan kamu udah masuk ke artikel ini.

Memang ngeselin yang namanya putus nyambung. Kalau liat hubungan asmara orang lain yang putus nyambung juga jadi kesel kan. “Udah, putusin aja sih!” yang biasanya mimin pikirin. Apalagi kalau masalah internet, rasanya kayak di PHP-in benda mati. Supaya kamu bisa menghindari kekesalan ini, yuk kita bahas penyebabnya wifi di Android yang sering putus nyambung, dan cara mengatasinya.

Kalau masalahnya bukan di Android tapi di laptop kamu, klik saja link ini ya.

Penyebab Masalah Wifi

Tak kenal maka tak sayang katanya. Jadi, sebelum membahas cara mengatasi masalah wifi di hp android, kita bahas dulu penyebabnya. Jadi lain kali, kamu bisa mencegah drama ini.

  1. Signal Wifi lemah,

Ini kayaknya tidak perlu banyak penjelasan. Kamu bisa mengecek signal wifi kamu sendiri lewat HP, biasanya berada di pojok atas atau kiri. Kalau signalnya sedikit, artinya kamu terlalu jauh dari modem Wifinya. Kalau masalahnya ini, kamu tinggal dekatkan diri kamu lebih dekat ke modem.

  1. Terlalu banyak yang konek,

Modem wifi juga mempunyai kuota. Walaupun signalnya penuh, tapi kuotanya sudah penuh, kamu tetap tidak bisa masuk dan cara menyelesaikan masalah ini hanya bisa dilakukan jika kamu pemilik wifinya. Kalau kamu lagi di bandara atau mal yang menyebarkan wifi gratis, tentunya kamu hanya bisa pasrah.

  1. Wifi tetangga,

Tetangga kamu juga bisa mengganggu signal wifi kamu jika wifi tetangga memiliki frekuensi dan channel yang sama, atau terlalu berdekatan. Kamu bisa memindahkan wifi kamu ke tempat lain, atau mengubah channel wireless kamu menjadi 5Ghz jika memungkinkan.

  1. Modem udah tua,

Kalau modem kamu sudah digunain sekitar 7 tahun, sudah saatnya bilang “goodbye,” karena itu udah ketuaan. Disarankan untuk mengganti modem.

Baca juga: Cara Memperbaiki Koneksi Internet Android Yang Bermasalah

Cara Mengatasi Masalah Wifi di Android

  1. Lupain Wifi dan nyambung lagi,

Kamu sudah cape diPHP-in signal wifi kamu, sekarang giliran kamu yang bikin dia ngalamin sendiri rasanya diPHP-in. Pengaturan ini bisa dilakukan dengan cara ini:

  • Ke settingan wifi kamu,
  • Tekan nama wifi yang php-in kamu,
  • Tekan “remove this network”,
  • Konek kembali.
  1. Periksa settingan Wifi di HP android kamu,

Coba pastiin apakah settingan wifi kamu selalu dalam keadaan on terus walaupun layarnya mati. Pengaturan ini bisa dilakukan dengan cara ini:

  • Ke settingan wifi kamu,
  • Pilih setelan lanjutan atau advanced option,
  • Di bagian Wifi aktif saat tidur, pilih selalu / always.

Kalau misalnya tidak ada pengaturan ini, mungkin sudah berada di pengaturan hemat daya handphone atau power saving. Kamu hanya perlu nonaktifkan fitur ini.

  1. Matiin aplikasi yang berjalan,

Ada kemungkinan aplikasi yang berjalan itu mengganggu jaringan wifi. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah wifi yang putus nyambung ini adalah dengan mematikan aplikasi yang berjalan.

  1. Restart modem Wifi,

Kalau masih tidak bisa, tidak apa-apa. Jangan pasrah karena banyak jalan menuju Roma. Kalau pemilik modemnya kamu, kamu hanya perlu matiin modem kamu selama sekitar 10 detik. Setelah itu nyalain lagi. Terus tes lagi deh, apakah masalah wifi di HP android kamu sudah terselesaikan.

  1. Restart HP android kamu,

Kamu juga bisa melakukan cara ini sambil merestart modem juga. Jadi, sambil nyelam minum air gitu deh.

  1. Update sistem HP android kamu,

Kalau kamu tidak meng-update sistem HP android kalian sampai yang paling baru, bisa-bisa ada bug loh. Coba kalian update, otomatis HP kamu akan restart.

Setelah menggunakan semua cara di atas ini, coba cek penyebab masalahnya karena mungkin kamu kurang baca jelas atau ada yang kamu lewati. Tapi kalau sudah mencoba semua cara ini dan mencari tau penyebab masalahnya tapi masih tidak bisa, kemungkinan besar kalau modem wifi kamu yang bermasalah ya. Mungkin modem kamu perlu diupdate secara manual.

Terima kasih sudah membaca 6 Cara Mengatasi Masalah Wifi Di Android Yang Sering Putus Nyambung. Semoga membantu ya Gamers.

2 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] sudah pernah membahas yang mirip tentang Mengatasi Masalah Wifi di Android Yang Sering Putus Nyambung. Jadi, kalau itu yang di Android yang kalian butuhkan, klik saja linknya […]

  2. […] Baca juga: 6 Cara Mengatasi Masalah Wifi Di Hp Android Yang Sering Putus Nyambung […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 5 =