Fitur dan Teknologi Dasar Penentu Kualitas Keyboard Gaming

Gamer, saat ini banyak keyboard gaming yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur dan teknologi. Fitur tersebut akan membantu aktivitas kamu, baik saat bermain game ataupun bekerja dengan menggunakan keyboard.

Tiap keyboard dilengkapi dengan fitur dan teknologi yang berbeda. Semuanya tergantung dari tipe keyboard dan kualitas keyboard tersebut. Fitur tersebut juga menjadi salah satu point selling keyboard tersebut.

Sebagai contoh, dulu ada keyboard Rexus K9RGB yang mempunyai fitur sound LED visualizer. Fitur itu memungkinkan LED dalam keyboard tersebut akan bergerak sesuai ritme musik yang ditangkap oleh sensor keyboard tersebut.

Meski tiap keyboard bisa berbeda fitur, namun ada beberapa fitur yang biasa dibenamkan pada sebuah keyboard. Berikut beberapa fitur yang biasa ada di dalam keyboard gaming yang bisa kamu jadikan pedoman untuk membeli sebuah keyboard gaming.

Foto: Keyboard Rexus MX10 & Wristpad Rexus

Fitur Macro pada Gaming Keyboard

Beberapa keyboard gaming didukung dengan perangkat lunak yang bisa diprogram untuk menghasilkan kombinasi tombol sesuai dengan fungsi yang diinginkan pengguna, seperti untuk melakukan tombol singkat meng-copy file, blok, dan lain sebagainya.

Jika sudah mengatur tombol tersebut, kamu bisa menyimpannya di memory internal yang tersedia pada keyboard. Saat kembali menggunakan keyboard, kamu tidak perlu menyetingnya kembali karena pengaturan awal yang sudah tersimpan akan secara otomatis tersinkronisasi.

Dengan melakukan pemograman pada tombol macro kamu, satu tombol saja cukup. Sangat praktis, apalagi saat waktu untuk bereaksi sedikit.

Fitur RGB LED

RGB LED bukan lagi sekedar hiasan yang menambah aksen kegantengan keyboard gaming. Lebih dari itu, LED RGB menjadi modal untuk meningkatkan performa dan semangat kamu saat bermain game.

Selain itu dengan membagi keyboard gaming ke zona yang paling sering digunakan dan diberi penerangan dengan warna berbeda bisa visual yang cepat saat bermain akan membantu kamu mengenali posisi tombol keyboard.

Keyboard RGB Rexus MX10

Fitur Anti-Ghosting

Saat menggunakan keyboard untuk aktivitas normal, seperti mengetik, menekan banyak tombol secara bersamaan (kecuali saat menggunakan tombol shift). Dan saat itu terjadi, biasanya itu adalah sebuah kesalahan dimana tombol tidak diinput.

Hal ini disebut efek ghosting. Tidak akan ada masalah kalau kamu hanya menggunakannya untuk mengetik, tapi beda cerita saat gaming.

Saat kamu gaming, menekan banyak tombol secara bersamaan selalu terjadi karena setiap tombol penting. Maka dari itu, keyboard gaming terbaik harus memiliki fitur anti-ghosting supaya kamu bisa menekan banyak tombol secara bersamaan.

Foto: Keybooard Rexus VR1

Kualitas Polling Rate

Fitur ini memang sedikit teknis. Polling rate adalah kecepatan rata-rata yang dibutuhkan keyboard untuk menyampaikan pesan ke CPU komputer. Jadi, jika kalian menulis huruf A di keyboard, maka dalam hitungan sepersekian detik huruf itu akan tampil di layar.

Saat ini, standar polling rate keyboard berkualitas adalah 1000Hz. Itu dapat kalian peroleh di beberapa keyboard mekanikal Rexus, seperti Legionare MX10, Daxa M84 ataupun Daxa M71.

Fitur-fitur penting ini sebaiknya ada di dalam keyboard gaming yang kamu miliki. Selain fitur, kamu juga harus memperhatikan soal komponen yang mendukung keyboard gaming tersebut, seperti jenis switch, kabel, material plastiknya, dan lain sebagainya.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published