Gamepad Wireless Rexus GX100 Pakai Dongle Panjang, Main Game Makin Lancar

Gamer, gamepad nirkabel atau wireless gamepad Rexus GX100 kini hadir dengan USB receiver dongle yang lebih besar dan panjang. Perubahan ini jadi pembeda dengan gamepad Rexus GX100 sebelumnya yang menggunakan USB receiver dongle dengan tipe nano USB.

Gamepad Rexus GX100 adalah gamepad wireless yang menggunakan koneksi yang berbasiskan frekuensi radio (RF) di kanal 2.4GHz. Agar bisa tersambung dengan media game, gamepad ini menggunakan konektor berupa USB receiver dongle yang berfungsi untuk menerima sinyal dari pemancar yang ada dalam gamepad.

Koneksi antara gamepad wireless dengan media permainan seperti PC, laptop ataupun ponsel tergantung pada dongle receiver tersebut. Kualitas koneksi keduanya ditentukan dari kualitas dongle receiver dan pemancar yang ada dalam gamepad.

Masalah Konektivitas pada Wireless Gamepad

Seperti kita ketahui atau malah kamu alami sendiri, masalah yang sering dialami oleh wireless gamepad atau gamepad adalah konektivitas yang kerap disconnect atau putus-nyambung. Tidak hanya satu merek tertentu, beberapa merek pun ternyata mempunyai masalah yang sama.

Utamanya adalah soal hilangnya koneksi selama beberapa saat dan kemudian tersambung kembali. Meski hanya hilang koneksi selama beberapa detik dan kemudian kembali terkoneksi, tapi hal itu tentu sangat mengganggu, bukan? Apalagi saat kita lagi seru-serunya bermain game.

Pengalaman tidak menyenangkan ini tidak hanya dialami oleh pengguna salah satu merek gamepad saja, tetapi beberapa merek. Bahkan, merek terkenal seperti gamepad bawaan Microsoft Xbox pun ditemukan banyak yang mengalami kejadian serupa.

Foto: Gamepad wireless Rexus GX200

Faktor yang Memengaruhi Gangguan Gamepad Wireless

Ada dua kendala yang kerap dikeluhkan dari permasalahan konektivitas gamepad nirkabel. Pertama, gamepad sering mengalami diskoneksi. Kedua, terjadi latensi atau delay antara gamepad dengan pergerakan di game.

Secara garis besar, ada tiga faktor yang menentukan keberhasilan koneksi antar device dengan menggunakan teknologi nirkabel, yaitu:

  • Faktor baterai
Seperti kita tahu, baterai berperan sangat penting dalam koneksi nirkabel ini. Lalu lintas data membutuhkan pancaran gelombang yang tinggi. Itu menyedot daya baterai secara haus. Karenanya, perhatikan agar baterai perangkat selalu dalam kondisi terisi sebelum bermain.
  • Faktor USB receiver
Dengan menggunakan frekuensi radio, gamepad membutuhkan receiver berupa dongle USB receiver yang terkoneksi dengan laptop/PC/Android ataupun perangkat lainnya. Karena ukurannya yang relatif kecil, banyak orang yang tidak begitu mempedulikannya sehingga kerap ditemukan kasus kehilangan atau kerusakan dongle tersebut. Padahal, tanpa dongle tersebut, gamepad tak bisa dimainkan.
  • Faktor gangguan sekitar

Penggunaan frekuensi radio membutuhkan kondisi yang bebas gangguan. Gangguan tersebut bisa berupa halangan (obstacle) secara fisik yang menghalangi pancaran gelombang frekuensi antara gamepad dengan receiver, gangguan sinyal electromagnet yang dihasilkan oleh komponen listrik di sekitar, ataupun gangguan frekuensi secara luas (petir, gelombang magnetik, dsb.)

Ketiga faktor ini saling terkait ya. Jadi, jika kamu mengalami gangguan sinyal pada gamepad kamu, pertama-tama temukan masalahnya dengan mempertimbangkan tiga faktor di atas.

Foto: Gamepad Rexus GX100 long dongle

Dongle Besar Gamepad Jadi Solusi?

Menaruh perhatian besar pada permasalahan USB receiver dongle tersebut, Rexus terus mengembangkan teknologi USB receiver yang dapat berperan sebagai media lalu lintas sinyal berkualitas. Salah satu pengembangan tersebut adalah pengaplikasian USB receiver dongle berukuran besar pada gamepad wireless Rexus GX100.

Pada dasarnya, receiver merupakan antena penerima. Jadi, semakin panjang antena tersebut, maka diharapkan makin banyak dan bagus sinyal yang ditangkap.

Ini bisa kita bayangkan layaknya pada dongle WiFi. Ada beberapa dongle WiFi portable yang berukuran besar dan bahkan ditambah antena mini di ujungnya. Tujuannya tentu adalah agar penerimaan sinyal makin bagus.

Penggunaan dongle yang lebih besar dan panjang pada gamepad wireless Rexus GX100 menjadi solusi untuk mendapatkan tangkapan sinyal yang lebih baik saat digunakan bermain. Ada beberapa keuntungan menggunakan USB receiver dongle panjang dibandingkan dongle nano.

1. Penggunaan dongle panjang diklaim mempunyai potensi penerimaan sinyal yang lebih baik daripada dongle yang berukuran nano.

2. Dongle USB yang panjang mudah dilihat dan diraba sehingga tidak mudah hilang, layaknya yang sering terjadi pada USB receiver dongle nano.

3. Dengan ukuran antena yang lebih panjang, potensi gangguan (interference) sinyal akibat gelombang elektromagnet di sekitar port USB - terutama USB 3.0, dapat diminimalisasi.

Tentu saja kelebihan tersebut tidak lepas dari kekurangan. Karena berukuran besar, akan USB receiver dongle tersebut akan terlihat lebih menonjol sehingga kurang sedap dilihat, apalagi saat digunakan di ponsel.

Tapi, segi estetika itu bisa segera kita lupakan jika kita dapat memainkan gamepad wireless tersebut secara lancar, tanpa ada gangguan sinyal. Main game jadi makin seru dengan menggunakan gamepad wireless Rexus GX100 yang dilengkapi USB receiver dongle berukuran panjang.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published