Ketahui Manfaat Mouse Gaming Desain Honeycomb Sebelum Beli

Gamer, keberadaan mouse gaming dengan desain honeycomb atau sarang lebah telah menyita perhatian sejak sekitar dua tahun yang lalu. Desain revolusioner dengan konstruksi seperti sarang lebah ini diklaim dapat memangkas bobot mouse secara signifikan.

Dengan manfaat tersebut, desain mouse gaming bolong-bolong ini menjadi awal dari era mouse gaming “ultra-light” atau super ringan.

Untuk mendapatkan bobot mouse yang terasa lebih ringan, mouse honeycomb biasa dikombinasikan dengan kabel jenis paracord yang mempunyai fleksibilitas tinggi dengan berat jauh lebih ringan dari kabel konvensional. Untuk mendapatkan bobot yang ringan, maka salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memangkas berat cover mouse yang dirasa tidak perlu. Struktur honeycomb untuk mouse gaming dinilai tepat.

Konstruksi berbentuk heksagonal atau persegi enam ini memang terbukti sebagai struktur yang kuat dengan 6 titik dan sisi yang saling terkait sehingga bisa membagi beban secara merata. Struktur heksagonal sudah sudah sering diaplikasikan dalam beragam teknologi lain.

Awal Munculnya Desain Honeycomb

Kemunculan mouse gaming dengan desain honeycomb diawali dengan munculnya produk Glorious Model O. Tak bisa dipungkiri, desain mouse ini menginspirasi produsen mouse gaming lain untuk memproduksi produk serupa, termasuk yang bisa kita temukan pada seri mouse gaming DAXA Air, salah satu lini mouse andalan Rexus.

Di kancah turnamen profesional, mouse ini pertama kali digunakan oleh sebuah tim esports profesional saat mengikuti turnamen Esports Championship Series (ECS) Season 7 pada 2019 lalu, dalam game CS:GO dan Overwatch. Saat turnamen tersebut, penggunaan mouse gaming dengan desain honeycomb juga ditemukan pada tim divisi Fortnite.

Popularitas mouse gaming dengan desain honeycomb makin naik saat influencer game terkena, Ninja, menggunakan dan mempopulerkannya. Saat itu, dia menggunakan mouse gaming tipe Air 58, dengan inisial namanya di atasnya.

Kemunculan sebuah produk diawali dari adanya kebutuhan. Begitu pula kemunculan mouse gaming super ringan disebabkan oleh kebutuhan para pengguna mouse akan mouse gaming yang mempunyai bobot ringan untuk mempermudah pergerakan.

Mouse ringan akan sangat membantu manuver dan akselerasi dalam game, terutama dalam game bergenre First Person Shooter (FPS). Dalam game FPS, penguasaan kursor atau pointer dalam PC harus bergerak lincah untuk membidik target dan hal itu hanya bisa dilakukan secara maksimal jika mouse mempunyai bobot yang ringan untuk bergerak bebas.

Manfaat Mouse Gaming Desain Honeycomb

Dari keterangan di atas, diketahui bahwa mouse gaming dengan desain honeycomb mempunyai beberapa fungsi yang tidak dimiliki oleh mouse gaming dengan desain konvensional. Agar makin yakin sebelumnya membelinya, berikut beberapa manfaat yang bisa kalian temukan dalam mouse gaming honeycomb.

  1. Lebih ringan

Seperti diungkapkan sebelumnya, tujuan utama penggunaan desain honeycomb adalah untuk memangkas bobot mouse gaming. Biasanya, mouse gaming konvensional memiliki bobot sekitar 80gram. Dengan menggunakan cover honeycomb, berat tersebut dapat dipangkas hingga di kisaran 6o gram.
  1. Pergerakan lebih bebas

Penggunaan desain honeycomb adalah dalam rangka mendapatkan mouse gaming dengan bobot super ringan sehingga biasanya mouse dengan desain honeycomb dilengkapi dengan kabel tipe paracord yang sangat fleksibel.

Kombinasi antara desain dan kabel paracord ini dapat memungkinkan mouse bergerak lebih bebas saat digunakan. Bahkan, beberapa testimonial menyebutkan bahwa mouse ini dapat memberikan sensasi mouse nirkabel tanpa gangguan ketidakstabilan frekuensi.

  1. Berat bisa diatur

Selain dikombinasikan dengan kabel paracord, mouse gaming honeycomb juga bisa dilengkapi dengan pin magnet yang berfungsi untuk mengatur berat. Mouse gaming honeycomb yang dilengkapi pemberat ini dapat ditemukan pada DAXA Air dan DAXA Air II.

Dengan beban pemberat itu, berat mouse yang semula sekitar 60 gram, dapat diperberat kembali hingga sekitar 80 gram atau lebih.

  1. Dapat dimodifikasi

Tidak hanya dapat dimodifikasi beratnya, beberapa tipe mouse honeycomb mempunyai model yang bisa dimodiikasi sesuai selera pengguna. Modifikasi yang biasa dilakukan adalah dengan mengganti cover casing mouse dengan cover yang tidak bolong-bolong.

Modifikasi lain yang biasa ditawarkan adalah memasang hand grip dan button spacer atau ganjal tombol untuk mendapatkan sensasi penggunaan mouse yang lebih nyaman.

  1. Tampilan lebih keren

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari sebuah mouse honeycomb adalah penampilan yang lebih keren. Segi estetika ini dapat diperoleh salah satunya karena dengan menggunakan sistem bolong-bolong, cahaya LED dari dalam mouse dapat terpancar keluar dan membentuk permainan cahaya yang menarik.

Beberapa manfaat tersebut tentunya dapat membuat kamu makin yakin untuk memilih mouse gaming dengan model honeycomb sebagai salah satu koleksi. Tetapi, perlu tetap diingat bahwa honeycomb sebatas faktor desain atau bentuk sebuah mouse. Kamu tetap harus memperhatikan fitur-fitur lain yang dibenamkan dalam sebuah mouse gaming sebelum membelinya, seperti sensornya, on board memory, dan lain sebagainya.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published