Keyboard Gaming dengan Gateron Yellow Switch, Ancaman Baru Nih!

Gamer tentu sudah akrab dengan switch keyboard mekanikal tipe blue (biru), red (merah), brown (coklat), tetapi mungkin masih asing dengan yellow (kuning) switch. Salah satu merek yellow switch yang dikenal adalah Gateron.

Gateron adalah salah satu merek switch terkemuka yang diproduksi oleh Huizhou Gateron Electronic Technology Co., Ltd..sebuah perusahaan semikonduktor dari China yang berdiri sejak tahun 2000.

Bersama dengan Outemu, Kaihua, serta Kaihl, Gateron memang dikenal sebagai salah satu merek switch yang berkiblat pada switch terkenal Cherry MX. Bahkan, mereka dianggap sebagai “kloningan” Cherry MX sejak merek switch kolaborasi perusahaan Amerika dan Jerman ini membuka monopoli patennya terhadap desain switch sejak 2004.

Dibandingkan dengan merek sejenis, Gateron mempunyai banyak tipe dan jenis switch yang ada di pasaran. Merek ini membagi lini produknya menjadi beberapa kelas, yaitu Standar (switch Red, Blue, Brown, Green, Black, dan Yellow), Milk, Low-Profile, dan switch Silent.

Salah satu tipe switch Gateron adalah yellow switch. Gateron sepertinya serius dalam memproduksi tipe ini. Itu terlihat dari beberapa seri switch kuning yang pernah diproduksi, mulai dari seri KS-1 hingga KS-15.

Yellow Switch, Tipe Lama Bersemi kembali

Sebenarnya Gateron sudah memproduksi switch warna kuning ini sejak lama, yaitu sekitar tahun 2014, dengan seri KS-1. Namun, switch warna kuning ini memang kurang populer dibandingkan warna lain, seperti blue dan brown.

Switch biru dan coklat memang sempat mendominasi keyboard gaming mekanikal, ketika banyak gamer yang menginginkan sensasi membal atau menghentak saat menekan tombol keyboard. Karena berbasis tipe tactile, switch biru dan coklat bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Kini, penggunaan keybaord gaming mekanikal tidak hanya untuk bermain game, melainkan sudah merambah ke semua aktivitas yang menggunakan peranti keyboard. Seiring kebutuhan tersebut, tipe switch keyboard bertipe linear yang lebih halus ketukannya makin banyak disuka.

Sejak itulah banyak pengguna keyboard mekanikal yang melirik switch merah dan kuning ini. Keduanya sama-sama bertipe linear.

Keunggulan Yellow Switch Gateron

Berbicara mengenai keunggulan switch kuning Gateron tidak bisa dilepaskan dari keunggulan merek switch ini secara keseluruhan. Gateron merupakan salah satu merek switch yang paling rajin mengembangkan produknya.

Merek ini selalu mengembangkan inovasi baru dalam tiap seri switch-nya. Meski pengembangannya tidak terlalu signifikan, seperti jika kita bandingkan antara switch kuning seri KS-3 dan KS-8 nya yang mirip, namun Gateron selalu menyediakan banyak pilihan buat pengguna fanatiknya.

Keunggulan lainnya adalah Gateron menerapkan standar ketahanan yang tinggi pada tiap tipe switch-nya. Tiap tipe yang dimilikinya rata-rata mempunyai durabilitas (lifespan) 50 juta klik.

Selain itu, switch Gateron juga terkenal yang paling halus ketukan tombolnya dibandingkan merek lainnya. Jadi, misalnya jika dibandingkan dengan switch merah Outemu, swich merah Gateron lebih halus dan ringan ketukannya.

Keunggulan lainnya adalah dalam build quality-nya. Switch Gateron mempunyai finishing touch yang lebih detil dibandingkan dengan merek switch sekelas.

Karakteristik Yellow Switch Gateron

Setelah mengetahui keunggulannya secara umum, kamu tentu lebih ingin mengenal karakteristik yellow switch Gateron, bukan?

Tipe Switch

Switch kuning Gateron merupakan switch bertipe linear. Tipe switch ini menghasilkan ketukan yang lebih ringan dan lembut.

Buat kamu yang menggunakan keyboard secara multifungsi, baik untuk bermain game atau mengetik pekerjaan, tipe ini sangat cocok.

Tekanan Ketukan

Gaya tekan yang dibutuhkan untuk menekan switch ini adalah 50cN. Dengan kisaran tekanan itu, berarti switch kuning lebih berat atau keras dibandingkan switch merah yang untuk menekannya hanya dibutuhkan sekitar 45cN.

Jarak Aktuasi

Jarak aktuasi atau jarak tekan adalah yang jarak yang dibutuhkan stem switch untuk mengaktifkannya. Switch kuning mempunyai jarak aktuasi sekitar 2mm.

Suara

Secara umum, switch bertipe linear lebih cenderung low noise, apalagi produk keluarga Gateron yang terkenal sebagai salah satu merek switch bersuara lembut. Begitu pula dengan switch kuning, switch ini dimasukkan dalam golongan switch bersuara lembut - meski belum bisa dikategorikan sebagai silent switch ya.

Foto: Keyboard DAXA M71 Pro dengan switch Gateron

 

Switch Kuning Gateron di Keyboard DAXA M71 Pro

Gateron adalah jenis switch dengan karakteristik halus untuk semua tipenya. Meski tidak berisik, switch Gateron tetaplah switch mekanikal yang mempunyai sifat linier ataupun tactile yang memberi sensasi tersendiri pada tiap ketukannya.

Buat kalian yang menyukai game PC tanpa membuat keributan berarti namun tetap terasa mantap saat diketuk, pemilihan keyboard dengan menggunakan switch Gateron adalah tepat. Kamu bisa mendapatkan sensasi switch Gateron yellow switch pada keyboard DAXA M71 Pro.

Lini keyboard premium dari Rexus ini menyediakan pilihan Gateron switch kuning yang tetap lembut dengan tekanan yang lebih berat. Keyboard ini cocok untuk semua aktivitas para Gamer.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published