Reset Keyboard, Cara Jitu Atasi Masalah Keyboard Mekanikal. Ini Ragam Caranya

Gamer, beberapa kendala pada keyboard mekanikal sebenarnya tidak butuh penanganan serius, seperti diservis atau dibongkar. Yang bisa kamu lakukan sendiri adalah dengan me-reset keyboard tersebut dan wolaa… keyboard pun kembali berfungsi normal.

Sebenarnya, sistem reset itu sudah banyak diketahui dan diaplikasikan ke beragam produk elektronik dengan rangkaian komputer, baik sederhana maupun yang kompleks. Reset bertujuan untuk mengembalikan sistem ke pengaturan awal.

Untuk keyboard mekanikal, biasanya ada beberapa program atau perintah sederhana yang mengalami crash sehingga sistem tidak bisa memproses perintah lain secara baik. Contoh crash yang sering terjadi antara lain adalah kendala pada tombol yang tidak berfungsi, tidak kompatibel dengan perangkat lunaknya, ataupun LED yang kacau menyalanya.

Jika keyboard mekanikal kamu juga mengalami hal yang sama, jangan buru-buru untuk menyerviskannya, minta garansi, atau bahkan membuangnya. Dengan beberapa cara reset berikut, kamu mungkin bisa mengembalikan fungsi keyboard mekanikal kamu.

1. Reset dengan uninstal driver keyboard

Jika kamu pengguna Windows, dapatkan instruksi dari bagian ini untuk mereset keyboard. Kamu bisa kembali ke pengaturan awal keyboard kamu di Windows.

Langkah 1: Klik kanan menu Start dan kemudian pilih Device Manager dari menu konteks untuk membukanya.

Langkah 2: Klik Keyboard untuk memperluasnya dan kemudian temukan perangkat keyboard yang ingin kamu atur ulang.

Langkah 3: Klik kanan dan pilih Uninstall device.

Langkah 4: Untuk menyelesaikan penghapusan keyboard yang dipilih, klik Yes untuk me-restart komputer.

Langkah 5: Buka Device Manager lagi. Pilih Keyboard dan klik perubahan perangkat keras dari area atas. Keyboard akan muncul kembali di Device Manager.

Langkah 6: Sekarang pilih keyboard yang sama dan pilih Update Driver.

Langkah 7: Klik Search secara otomatis untuk perangkat lunak driver yang diperbarui dan izinkan driver terbaru untuk diinstal.

Langkah 8: Nyalakan kembali PC

2. Ubah Bahasa yang digunakan pada Keyboard

Cara lain untu mengatur ulang keyboard, coba instruksi yang diberikan di bawah ini untuk mengubah bahasa keyboard.

Langkah 1: Tekan tombol Win + I bersamaan untuk membuka Windows Settings.

Langkah 2: Klik Perangkat dan kemudian klik Typing dari sisi kiri.

Langkah 3: Di sisi kanan, klik Advanced Keyboard Settings di bawah More Keyboard Settings.

Langkah 4: Di Windows yang baru, klik tombol drop-down di bawah bagian Override for default input method dan kemudian pilih bahasa yang kamu inginkan.

3. Dengan menekan tombol kombinasi keyboard

Langkah ketiga ini juga termasuk efektif dalam menangani permasalahan pada keyboard mekanikal. Perlu diingat, metode tombol kombinasi ini biasanya tergantung pada tiap pabrikan keyboard. Berikut beberapa kombinasi tombol dan tipe perangkat yang bisa kompatibel dengan metode tersebut.

  • Kombinasi tombol FN + ESC
Lakukan reset dengan menekan dan menahan tombol FN + ESC selama sekitar 5 detik. Cara ini efektif untuk tipe keyboard Rexus MX9, Rexus MX3.2, dan Rexus MX5.2.
  • Kombinasi tombol FN + SPACE

Reset keyboard mekanikal juga bisa dengan menekan dan tahan tombol FN kemudian SPACE selama sekitar 10 detik. Cara ini efektif untuk mengembalikan pengaturan awal pada keyboard mekanikal seri DAXA (M71 Pro, M84, M71 Classic).

Foto: keyboard daxa m71 pro

4. Reset dengan ESC

Berikut adalah panduan umum untuk melakukan reset dengan ESC secara umum.

Langkah 1: Cabut keyboard dan kemudian tunggu selama 30 detik.

Langkah 2: Tekan tombol Esc pada keyboard dan pasang kembali keyboard ke komputer.

Langkah 3: Tahan tombol Esc hingga keyboard kembali berkedip.

5. Reset dengan metode manual

Cara ini dibilang paling sederhana tetapi banyak yang sudah membuktikan keefektifannya. Caranya adalah dengan mencabut konektor USB keyboard dan mencolokkannya kembali, bisa ke port USB yang sama maupun port USB lain.

Beberapa cara di atas semoga dapat menjadi solusi permasalahan keyboard mekanikal kamu. Jika memang belum bisa juga, ada kemungkinan memang ada kendala pada hardware-nya. Kamu bisa segera mengontak layanan informasi produk terkait untuk menanyakan solusi dan kebijakan apa yang bisa membantu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published