Nih Pengaturan DPI Mouse Gaming yang Ideal Untuk Game FPS

Gamer, permainan kita di game First Shoot Person atau FPS ditentukan oleh sensitivitas pergerakan mouse gaming yang ditentukan oleh pengaturan DPI-nya. Pengaturan DPI tentu tidak bisa sembarangan, melainkan didasarkan pada jenis game yang dimainkan, karakteristik mouse gaming yang digunakan, dan tentu saja tipikal permainan kamu saat menggerakkan mouse.

Karena ditentukan oleh tiga hal tersebut, maka pengaturan DPI sebenarnya bersifat personal. Artinya, satu pemain bisa berbeda pengaturan dengan pemain lainnya. Meski demikian, ada pengaturan DPI berdasarkan jenis game yang dimainkan. Ini memudahkan kita untuk menyamakan pengaturan dan mendapat komposisi settingan yang tepat.

CSGO

Apa Itu DPI?

Ngga lucu jika sudah membahas panjang lebar, tetapi masih ada yang belum mengenal atau memahami arti DPI. DPI adalah kependekan dari Dots Per Inch yang merujuk pada jumlah titik di permukaan mouse yang bisa dipetakan oleh sensor mouse dalam satu inchi.

Semakin banyak piksel yang bisa dipetakan, berarti semakin tinggi DPI dan kecepatan mouse akan jauh lebih cepat. Biasanya, semakin luas rentang DPI yang dimiliki sensor mouse gaming, maka semakin stabil mouse itu digunakan pada DPI rendah.

Pengaturan dah perhitungan DPI ini tidak bisa dilepaskan dari peran sensor pada mouse gaming. Dari beberapa referensi, sensor Pixart (Avago) tipe PMW3310, 3327, 3335, PMW3360, PMW3366, dan PMW3389 menjadi pilihan sensor yang menawarkan kestabilan sensitivitas DPI dalam mouse gaming.

Sensor tersebut dapat kamu temukan dalam koleksi mouse gaming Rexus Daxa Air, Daxa Pro Wireless, dan Arsa.  Ketiga mouse tersebut sudah dilengkapi dengan sensor mouse gaming terkini dari pabrikan sensor ternama, Pixart.

Mouse Gaming Arsa Batik

DPI Ideal Untuk FPS

Game First Shoot Person menjadi salah satu jenis game yang sangat membutuhkan peran kecepatan dan keakuratan mouse gaming. Dalam game ini, pergerakan mouse berfungsi untuk membidik dan kemudian menembak target.

Dalam melakukan pergerakan tersebut, mouse tidak boleh terlalu sensitif namun juga tidak bisa terlalu lambat. Jika mouse terlalu sensitif, kursor akan mengalami jitter atau meloncat cepat tak terkendali. Sebaliknya, jika terlalu lambat, maka kursor akan sering kehilangan target sehingga bidikan juga takkan tepat sasaran.

Karenanya dibutuhkan pengaturan yang pas dan terukur. Pas berarti pengaturan DPI harus tepat pada angka DPI yang sesuai dengan karakter mouse, sedangkan akurat mempunyai makna bahwa pengaturan DPI tersebut harus sesuai dengan kualitas atau resolusi komputer yang kamu gunakan. Sinkronisasi antara pengaturan DPI di mouse gaming dengan resolusi komputer sangat diperlukan.

Dari beberapa referensi, ditemukan fakta bahwa banyak gamer FPS yang menggunakan pengaturan angka DPI 400 untuk komputer dengan resolusi rendah dan 800 DPI untuk resolusi komputer standar. Jadi, bisa dikatakan bahwa rentang DPI ideal untuk game FPS adalah 400 – 800 DPI.

Mouse Gaming Arsa

Ideal Bukan Berarti Wajib

Pengaturan DPI untuk game FPS tersebut disebut ideal karena banyak pemain yang menggunakan pengaturan tersebut. Namun, sekali lagi, pengaturan tersebut tidak bisa dilepaskan dari karakteristik kamu bermain.

Si Willy yang biasa menggerakkan mouse sekuat tenaga tentu berbeda karakter bermainnya dengan si Meimei yang lebih smooth. Dari dua karakter tersebut saja sudah berbeda pengaturan sensitivitas DPI mouse gaming-nya. Intinya, kamu harus menyesuaikannya dengan karakter bermain kamu.

Untuk mendapatkan pengaturan yang tepat, sebaiknya kamu mulai dari angka DPI terendah kemudian secara berkala naikkan sedikit demi sedikit. Dari situ, makin terasa level DPI berapa yang paling nyaman kamu gunakan.

Kedua, dibutuhkan juga konsistensi. Saat sudah menggunakan pengaturan DPI yang dirasa paling nyaman, maka usahakan untuk selalu konsistensi menggunakan level itu. Bukan alat yang kita paksa untuk menyesuaikan dengan diri kita, tetapi tubuh dan reflek kita juga harus beradaptasi dengan alat itu.

Terus berlatih dengan menggunakan level DPI yang sama dalam beberapa waktu agar reflek tubuh terasah dan kita terbiasa dengan sensitivitas mouse yang kita miliki. Saat koordinasi antara otak dan pergeraakan harmonis, maka kita bisa memainkan mouse gaming secara nyaman.

Itu perlu latihan! Bukan sekedar dapat settingan DPI yang pas di mouse kelas atas…

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published