Cara Sederhana Atasi Double Click pada Mouse Gaming

Gamer, salah satu masalah yang kerap terjadi pada mouse gaming adalah double click. Istilah itu digunakan untuk mengartikan kejadian tombol mouse sedikit tersendat sehingga kita harus mengetuk ulang untuk meng-klik tombol tersebut.

Saat digunakan untuk bermain game, hal tersebut tentu sangat mengganggu karena terkait dengan banyaknya aksi yang diaktifkan dengan menekan tombol. Tak hanya dalam game, masalah double click juga akan berpengaruh pada kenyamanan mouse saat digunakan untuk melakukan aktivitas lain, seperti mendesain.

Foto: Mouse gaming DAXA Air

 

Faktor Hardware dan Software

Pada dasarnya, masalah atau malfungsi pada tombol mouse dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor kerusakan pada perangkat dan faktor pengaturan perangkat lunak pada komputer yang belum tepat.

Keduanya tentu harus ditangani dengan cara yang berbeda. Jika memang kerusakan berasal dari perangkat kerasnya, maka mau tidak mau kita harus membongkar mouse gaming tersebut dan melihat komponen tombolnya.

Double Click, Kerusakan pada Tombol

Dari pengalaman menangani keluhan pengguna mouse Rexus, sebagian besar masalah pada tombol mouse mengacu pada permasalahan di perangkat kerasnya. Biasanya, malfungsi pada tombol tersebut terdeteksi dengan tombol tidak berfungsi, hanya kadang-kadang merespon, secara tidak sengaja klik saat mouse digerakkan, salah klik, atau klik dua kali (doubleclick).

Secara umum, peenyebab tombol mouse mengalami double click secara mekanikal adalah sebagai berikut:

  • Bagian dalam switch atau tombol mouse kotor atau berdebu.
  • Switch mouse macet, sehingga susah di klik.
  • Bantalan karet bawah tombol mouse aus sehingga tidak bisa mengetuk switch secara tepat.
  • Penggunaan tombol mouse yang terlalu keras.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui mouse kamu bermasalah perangkat keras atau perangkat lunaknya adalah dengan mencabut mouse dari komputermu saat ini lalu colokkan ke komputer lain, dan tes tombolnya.

Jika masalahnya tetap sama saat dikoneksikan di komputer lain, maka bisa dipastikan mouse mengalami masalah di perangkat keras. Untuk kondisi ini, kami rekomendasikan dua langkah yang bisa dilakukan, yaitu mengganti switch tombol mouse atau mengganjal bantalan tombol mouse. 

1. Ganti switch tombol mouse

Untuk mengganti switch tombol mouse, kamu harus mengetahui merek dan tipe switch mouse kamu. Ada beberapa merek switch yang biasa digunakan pada gaming mouse, seperti Omron, Kaihl, dan sebagainya.

Setelah mengetahuinya, beli suku cadang switch di pasaran. Biar lebih mudah, gunakan fasilitas toko daring. Kamu tinggal menulisnya di pencarian dan akan muncul beragam pilihan switch.

Pastikan switch yang kamu beli sama dengan milik mouse gaming kamu. Jika sudah dipastikan sama, maka saatnya untuk mengoperasi mouse gaming.

  1. Lepas penutup atas mouse dengan membuka mur yang biasanya tersebunyi di balik mousefeet.
  2. Setelah tutup terlepas, kita bisa melihat bagian switch atau saklar tombol mouse. Sambil dikoneksikan kembali ke PC atau laptop, tekan bagian switch tersebut. Jika saat ditekan ada reaksi, maka bisa diketahui bahwa penyebab kerusakan adalah silicon penahan tombol yang sudah lemah.
  3. Jika ditekan tidak bereaksi, berarti kemungkinan saklar atau switch tersebut mengalami rusak bagian dalamnya sehingga harus diganti.
  4. Dengan menggunakan solder, copot switch lama dan pasang yang baru. Setelah switch terpasang kembali, bersihkan bagian dalam mouse sekalian mumpung membongkarnya.
  5. Kembalikan penutupnya dan mouse pun siap digunakan kembali.

2. Tambah atau ganti bantalan tombol

Di bawah tombol mouse terdapat semacam silikon atau karet yang berfungsi untuk menekan kepala switch. Karena faktor penggunaan, bantalan tersebut aus atau sobek sehingga tonjokan tombol tidak tepat mengenai switch.

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti karet bantalan tersebut. Biar lebih paten, kamu bisa membeli button spacer, seperti yang ada pada mouse DAXA Air II.

Dengan button spacer yang bisa disesuaikan bentuknya dan ditempelkan di bawah tombol, maka jarak antara tombol dengan kepala switch akan lebih dekat sehingga tekanan akan terasa lebih mantap.

Dua cara tersebut dapat kamu praktikkan untuk mengatasi double click pada mouse gaming kesayangan. Cobalah dulu untuk berusaha memperbaiki perangkat gaming kesayangan kita daripada membuangnya dan membeli yang baru.

Selamat mencoba.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published