SEA Games 2021 Pertandingkan 8 Game di Cabang Esports. Kejutan LOL!

Gamer, SEA Games yang akan kembali dihelat di Vietnam tahun ini kembali menghadirkan cabang olahraga (cabor) Esports. Ajang olahraga terbesar Asia Tenggara tersebut rencananya akan memperbanyak jumlah game yang dipertandingkan.

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam mengumumkan bahwa esports akan menjadi ajang perebutan medali di SEA Games Hanoi 2021. Terdapat 8 game yang akan dipertandingkan.

Vietnam E-Sports and Entertainment Association (VIRESA) menjadi unit yang ditugaskan untuk memimpin penyelenggaraan kompetisi konten esport di SEA Games ke-31. Viresa mengumumkan bahwa kedelapan game yang akan dihadirkan di Sea Games Hanoi 2021 akan terbagi dalam 10 cabang olahraga.

Foto: IEL University Series

Esports Jadi Cabang Olahraga Resmi SEA Games

Perjalanan esports dalam kancah olahraga internasional yang resmi sempat mengalami tarik ulur. Sempat diwacanakan untuk masuk sebagai cabang olahraga resmi olimpiade, tetapi hingga saat ini wacana tersebut masih belum terelalisasi.

Di tingkat Asia, esports sempat dimainkan dalam Asian Games 2018 sebagai pertandingan eksibisi. Baru pada SEA Games ke-30 yang digelar di Filipina pada 2019 lalu, esports diakui sebagai cabang olahraga resmi.

Saat SEA Games 2019 di Filipina, enam game dipertandingkan secara resmi. Game tersebut adalah Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, Dota 2, Starcraft II, Tekken 7 dan Hearthstone.

Kejutan League of Legends Wild Rift

Di SEA Games 2021 Vietnam, jumlah game yang dipertandingkan akan ditambah dua game sehingga total delapan game. Berikut merupakan daftar 8 game yang dipertandingkan dalam 10 cabang olahraga Esports di Sea Games Hanoi 2021 :

  • Arena of Valor (Mobile)
  • CrossFire (PC)
  • FIFA Online 4 (PC)
  • Free Fire (Mobile)
  • League of Legends (PC)
  • LOL: World Rift - Men (Mobile)
  • LOL: World Rift - Women (Mobile)
  • Mobile Legends: Bang Bang (Mobile)
  • PUBG Mobile – Individual (Mobile)
  • PUBG Mobile – Team (Mobile)

Dari daftar tersebut, yang menarik dan sekaligus mengejutkan adalah kehadiran game League of Legends: Wild Rift. Game yang baru saja dirilis tersebut berhasil menjadi salah satu game yang dipertandingkan.

Bahkan, game tersebut dibagi menjadi dua cabang olahraga sekaligus, yaitu untuk pria maupun wanita. Hal ini tentu saja mengejutkan karena selain masih tergolong game baru dan belum banyak menggelar turnamen profesional, game ini justru menyingkirkan game-game besar yang sudah sarat kompetisi layaknya Dota 2 maupun Valorant.

Foto: Gamer cewek menggunakan headset Rexus HX20

Cabang Esports untuk Gamer Cewek

Selain kemunculan game League of Legends Wild Rift, SEA Games Vietnam juga makin mengejutkan dengan dipertandingkannya esports di kelas khusus wanita. Ada game di cabang olahraga esports Sea Games 2021 yang memasukan kategori wanita.

Hal ini memberi angin segar bagi atlit-atlit Esports wanita untuk menunjukan kemampuannya dalam kompetisi esports tingkat Internasional. Bagi para penonton, adanya cabang olaharaga esports untuk wanita tentu juga bakal menjadi daya tarik tersendiri.

Cabang olahraga esports di SEA Games Hanoi 2021 rencananya akan menghadirkan 11 negara yang tergabung dalam ASEAN. Cabor Esports di Sea Games 2021 akan menampilkan game versi PC dan Mobile.

Pertandingan-pertandingan esports dalam Sea Games 2021 nantinya akan diatur oleh Southeast Asian Games Federation dan diawasi oleh International Olympic Committee Asia.

Sea Games 2021 dijadwalkan berlangsung pada 21 November hingga 2 Desember 2021. Jadi, jangan tonton ya, Gaes.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published