Cara Bikin Suara Mikrofon dan Gambar Makin Optimal di Aplikasi Zoom

Gamer, selain Google Meet, aplikasi komunikasi virtual yang paling banyak digunakan adalah Zoom. Aplikasi ini memiliki kelebihan dari fiturnya yang lengkap, serta bisa dipasang di banyak perangkat, termasuk ponsel.

Kelengkapan fitur yang dimiliki aplikasi yang dikembangkan oleh Eric Yuan sejak 2011 ini memang menarik untuk diaplikasikan sebagai salah satu pilihan aplikasi komunikasi virtual secara berkelompok, baik untuk meeting online, webinar, ataupun sekedar ngobrol bareng teman-teman.

Kebutuhan Suara dan Gambar yang Detil Saat Zoom

Sebenarnya tidak hanya di Zoom, di semua aplikasi telekonferensi virtual, tentu dibutuhkan kualitas visual yang tajam dan kualitas audio yang detil pula. Suara audio tersebut meliputi suara yang ditangkap oleh mikrofon dan suara yang dihasilkan oleh speaker, baik menggunakan headset atapun langsung di laptop.

Komunikasi yang lancar secara online membutuhkan kualitas visual yang tajam sehingga pemirsa dapat melihat muka kita dengan jelas. Selain itu, komunikasi juga sangat tergantung pada kualitas audio yang bagus agar suara pembicara dan pendengar dapat terdengar jelas.

Foto: Webcam Rexus ALVA II

Solusi Tingkatkan Kualitas Gambar dan Suara

Agar kualitas suara dan video maksimal saat menggunkan aplikasi Zoom, berikut beberapa sarana dan rekomendasi yang bisa kamu lakukan.

Kualitas Gambar

  • Tambahkan webcam berkualitas pada PC ataupun laptop. Buat di PC, kamu tentu harus menambahkan webcam yang terhubung dengannya agar bisa menangkap imaji wajah kamu saat melakukan konferensi virtual. Buat di laptop, sebenarnya sudah ada kamera bawaan laptop namun kualitas kamera bawaan biasanya masih standar.Karenanya, sebaiknya kamu tetap menambahkan kamera web agar gambar yang ditangkap lebih jernih. Salah satu merek kamera web yang bisa kamu gunakan adalah Rexus ALVA II. Webcam ini sudah dilengkapi dengan ring LED dan mikrofon terintegrasi sehingga tinggal dikoneksikan ke PC atau laptop.

    Cara mengaktifkannya di Zoom juga sangat mudah kok.- Klik panel Zoom di pojok kiri atas.
    - Klik Preferences maka akan masuk ke laman Settings
    - Untuk memilih kamera yang digunakan, kita bisa klik Video.
    - Dalam laman itu ada pilihan Camera. Karena menggunakan kamera eksternal, maka kita bisa pilih Snap Camera.
    - Selanjutnya, kita tes audio dengan klik Audio. Di sana akan ada pilihan pengaturan Speaker dan Microphone. Kita bisa menaikkan levelnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan kita.
    - Di sebelah kanan Test Mic, ada pilihan microphone yang kita gunakan. Klik masuk ke dalam dan pilih yang sesuai dengan built in microphone webcam.
    - Selanjutnya, kita bisa mencentang pilihan untuk melakukan pengaturan manual level mikrofon atau menggunakan pilihan otomatis untuk pengaturannya.
    - Webcam dan mikrofonnya pun siap digunakan.

  • Tambahkan ring LED independen. Ada beragam tipe dan merek ring LED yang bisa kamu tambahkan saat kamu melakukan video streaming atau meeting online. Harganya murah dan beragam kok, mulai dari sekitar 30ribuan hingga 300an ribu. Kamu tinggal meletakkannya di atas wajah agar cahaya yang tampil di kamera lebih rata dan terang.
  • Pengaturan di Settings Zoom. Kamu bisa membuat kualitas tampilan gambar di Zoom makin optimal dengan memanfaatkan pengaturan di aplikasinya. Caranya mudah kok, yaitu:
  1. Manfaatkan virtual background. Virtual Background adalah opsi jika kita ingin menggunakan pilihan latar belakang meeting, kita perlu mengupload foto background yang ingin digunakan. Agar hasilnya lebih bagus, gunakan green screen saat melakukan Zoom Meeting sehingga background yang muncul tampak jernih.
  2. Gunakan Video Filter. Fitur ini adalah opsi yang umumnya juga terdapat pada fitur camera filter smartphone untuk membuat tampilan wajah kita sesuai dengan yang kita inginkan.
  3. Lakukan pengaturan di Video Setting adalah setelan yang bisa ditentukan untuk tampilan video terbaik. Kamu bisa masuk di menu Settings > Video. Lalu pilih pilihan menu, mulai dari kualitas gambar, pencahayaan dan sebagainya.

Kualitas Audio

  • Manfaatkan mikrofon terintegrasi pada webcam. Daripada menggunakan mikrofon integrasi yang ada pada laptop, kamu bisa memilih untuk menggunakan mikrofon yang sudah terintegrasi pada webcam, seperti pada webcam Rexus ALVA II. Posisinya berada di depan muka sehingga tangkapan mikrofon akan lebih maksimal.
  • Untuk hasil yang lebih baik, tentu kamu bisa menggunakan headset yang dilengkapi dengan mikrofon tongkat, seperti headset Rexus F88. Dengan mikrofon tongkat yang fleksibel, driver mikrofon dapat dengan leluasa diarahkan ke dekat mulut sebagai sumber suara.
  • Fitur pengaturan suara di aplikasi. Manfaatkan fitur pengaturan suara di aplikai Zoom. Caranya adalah dengan masuk ke menu Settings > Audio. Di sana terdapat beragam pilihan yang bisa kamu gunakan, termasuk fitur untuk mengurangi kebisingan sekitar.

Dengan beberapa fitur yang ada di aplikasi Zoom itu, kamu bisa melakukan telekonferensi secara maksimal. Suara kamu akan terdengar jelas oleh pendengar dan tentu saja, wajah hasil perawatan dapat tampil jernih.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published