Cara Koneksikan Headset Gaming Berdasar Konektor di Ponsel

Gamer, mengoneksikan headset gaming ke ponsel tidak bisa dilakukan secara asal. Hal yang utama, kita harus menyesuaikan konektor headset dengan konektor yang ada di ponsel.

Secara umum, terdapat 5 (lima) tipe koneksi yang ada di ponsel (Android dan Iphone) yang bisa digunakan untuk mengoneksikannya dengan beberapa perangkat pendukung, terkhusus headset. Konektor tersebut adalah jack berdiameter 3,5mm, konektor USB mikro, konektor USB Type C, konektor Lightning, dan koneksi nirkabel Bluetooth.

Berdasar pada jenis konektor yang ada di ponsel tersebut, kita dapat mengoneksikan headset gaming dengan cara mencocokkan konektornya.

Konektor ponsel Jack 3,5mm

Konektor ini adalah konektor yang paling populer digunakan untuk mengoneksikan ponsel dengan perangkat pendukung audio seperti headset dan earphone. Hampir semua jenis ponsel menggunakan jenis colokan ini.

Colokan ini terbatas untuk transfer sinyal audio, entah audio ke speaker maupun sinyal suara dari mikrofon headset. Karena terbatas untuk sinyal audio, maka konektor ini tidak bisa digunakan untuk lalu lintas sinyal suara yang berbentuk data yang sudah diolah dengan perangkat lunak, seperti pada penggunaan fitur virtual surround.

Headset yang ideal untuk dikoneksikan:

Semua tipe headset, headphone, dan earphone yang menggunakan konektor jack 3,5mm, seperti headset Rexus Vonix F26M, F55, F65, Thundervox HX25, dan semua headset nirkabel yang dilengkapi dengan kabel Aux dengan jack 3,5mm.

Cara mengoneksikan headset:

Ada beberapa headset gaming yang ditujukan untuk digunakan di komputer menggunakan tipe jack mic dan audio terpisah. Biasanya jack warna hijau untuk fungsi audio dan untuk fungsi mic berwarna pink.

Untuk mengoneksikan headset dengan tipe konektor tersebut, kamu bisa menggunakan peranti tambahan berupa konverter. Konverter ini dapat berupa terminal berbentuk Y ataupun kabel konverter yang mempunyai ujung bercabang.

jack conveterKonverter jack Dalam memilih konverter tersebut, pilih konverter yang mempunyai colokan atau jack sekat tiga agar mikrofon dan speaker headset bisa berfungsi. Tipe jack pada konverter ini sering disebut tipe TRRS atau Tip Ring Ring Sleeve karena terbagi dalam empat bagian sesuai fungsinya. jack TRRS

Konektor Ponsel USB Micro

Konektor ini merupakan salah satu tipe dari konektor universal serial bus yang biasa ada di ponsel. Fungsi utama dari konektor ini adalah untuk lalu lintas data dan pengisian daya listrik.

Headset yang ideal untuk dikoneksikan:

Semua tipe headset yang menggunakan konektor single USB atau USB tunggal, seperti headset Rexus Thundervox HX8 dan HX20. Headset dengan menggunakan USB tunggal adalah headset yang dilengkapi dengan virtual surround untuk menghasilkan suara dalam bentuk sinyal data.

Cara mengoneksikan headset:

Kamu bisa mengoneksikan headset yang menggunakan konektor USB tunggal pada ponsel ini dengan menambahkan konverter USB on the go (OTG) tipe micro pada colokan headset. Seperti kita ketahui, kebanyakan colokan headset menggunakan USB Type A atau sering disebut USB 2.0 sehingga butuh konverter agar bisa masuk ke USB ponsel.

Konektor USB Type C

Tipe konektor Type C merupakan pengembangan dari konektor micro. Kehadiran USB type C yang punya bentuk yang lebih raping memang langsung menyedot perhatian. Banyak produsen laptop dan ponsel pintar yang mulai menggunakan tipe ini.

Keunggulan dasar dari USB tipe-C adalah kemampuannya digunakan secara bolak-balik. Artinya, kamu tidak harus memikirkan bagaimana posisi port USB-nya. Mau dengan lidah ke atas ataupun ke bawah, USB ini tetap bisa terbaca dengan baik.

Headset yang ideal untuk dikoneksikan:

Semua tipe headset yang menggunakan konektor single USB atau USB tunggal, seperti headset Rexus Thundervox HX8 dan HX20.

Cara mengoneksikan headset:

Untuk mengoneksikan headset pada ponsel dengan konektor Type C, kita juga membutuhkan konverter atau konektor penyesuai antara USB type A ke type C dalam rupa konverter OTG, layaknya saat mengoneksikan headset ke USB Micro.

Konektor USB Lightning

Tipe konektor ini adalah tipe konektor pada perangkat ponsel keluaran Apple, iPhone. Konektor ini memang mempunyai bentuk yang unik karena tidak menggunakan sistem selongsong seperti pada kebanyakan tipe USB lain.

Headset yang ideal untuk dikoneksikan:

Semua tipe headset yang menggunakan konektor single USB atau USB tunggal, seperti headset Rexus Thundervox HX8 dan HX20. Perlu diketahui, pada ponsel iPhone, biasa sistem virtual surround tidak bisa diaplikasikan.

Cara mengoneksikan headset:

Untuk mengoneksikan headset single USB ke ponsel yang memiliki konektor tipe lightning, kamu juga perlu tambahan konverter OTG ligthning. Layaknya seperti produk-produk Apple lainnya yang eksklusif, konveter OTG ligthning tergolong langka dan jikapun ada, harganya relatif lebih mahal dibandingkan konverter USB tipe lain.

Koneksi Ponsel Nirkabel

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengoneksikan headset gaming kalian dengan ponsel adalah dengan menggunakan koneksi Bluetooth. Hampir semua ponsel mendukung sistem konektivitas nirkabel ini karena aspek kepraktisan dan keamanan teknologi yang sudah berkembang hingga Bluetooth versi 5.0 ini.

Headset yang ideal untuk dikoneksikan:

Syaratnya tentu headset gaming yang dimiliki harus tipe nirkabel dan punya konektivitas Bluetooth, seperti Rexus M1, Rexus X1, Rexus S3 Pro, Rexus S7 Pro, dan beragam headset nirkabel lainnya. Dengan Bluetooth, fungsi mikrofon maupun audio dapat sekaligus aktif saat Bluetooth headset dengan ponsel terkoneksi secara otomatis.

Cara mengoneksikan headset:

Tentu saja kamu harus mengaktifkan dulu fitur Bluetooth pada ponsel. Saat Bluetooth ponsel sudah nyala, aktifkan headset nirkabel kamu hingga lampu indikator berkedip-kedip sebagai tanda minta dikoneksikan (pairing) dengan perangkat lain.

Selanjutnya, search headset Bluetooth tersebut di ponsel. Caranya bisa dengan melakukan "Refresh" pada fitur Bluetooth ponsel. Setelah nama headset kamu terlihat di layar, koneksikan.

Perlu diingat, koneksi Bluetooth membutuhkan cukup daya pada headset. Jadi, jangan lupa untuk menjaga agar baterai tetap dalam keadaan terisi agar koneksi nirkabel berjalan lancar.

Semoga cara-cara di atas dapat membantu kamu menyesuaikan dan menggunakan headset gaming sesuai sistem konektor di ponsel ya. Jika ada kesulitan, jangan malu untuk bertanya dan mencari informasi seputar produk Rexus kamu di laman ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published