Ketahui Nilai Frame per Second Komputer Biar Gambar Game Mulus

Gamer, dalam bemain game di komputer ataupun laptop, ada satu hal yang perlu kita perhatikan terkait tampilan game. Hal itu adalah FPS.

Buat kamu yang hobi game menembak, tentu langsung mengira FPS yang disebut adalah First Shooter Person. Hmm, bisa jadi. Tetapi, bukan FPS itu yang dimaksud di sini.

FPS yang dimaksud adalah frame per second. Istilah ini digunakan untuk mengetahui kecepatan komputer menangkap perpindahan gambar setiap detik. Semakin tinggi FPS-nya, kecepatan transisi gambar makin tinggi sehingga mata kita akan melihatnya sebagai gambar halus, tanpa kedip.

Apakah game yang dimainkan selalu lancar? Atau justru malah patah-patah (lag)? Nah, kita bisa mengetahuinya secara pasti dengan mengecek berapa FPS yang didapat.

Banyak orang yang merasa bahwa game-nya lancar, padahal sebenarnya tidak. Hal ini dikarenakan, ada patokan tersendiri untuk mengetahui seberapa lancar komputer kita saat memainkan sebuah game, yaitu melalui Frame Rate per Second atau biasa disebut FPS.

Apa Itu FPS Komputer?

FPS merupakan angka yang digunakan untuk mengukur performa keseluruhan dari sebuah VGA atau kartu grafis (sebagai acuan). Frame rate adalah jumlah gambar yang dihasilkan setiap detik, yang ditampilkan untuk membuat gambar bergerak.

Semakin tinggi angka FPS yang didapat, akan semakin halus pula gambar atau gerakan yang kita dapat. Bisa disimpulkan, kalau kita mau bilang game yang kita mainkan lancar atau tidak, kita harus tahu dulu berapa FPS yang didapat dari game tersebut dan pastikan komputer kita mendukung.

Nilai FPS yang Ideal Buat Main Game

Pertanyaan selanjutnya, berapa FPS yang ideal supaya sebuah game bisa dikatakan lancar? Disarikan dari leskompi.com, berikut beberapa pilihan FPS dan konsekuensinya pada game.

10 - 20 FPS

Nilai FPS 10 - 20 akan menghasilkan game yang sangat patah-patah tidak layak untuk dimainkan. Biasanya FPS sekecil ini ada pada laptop lama yang digunakan untuk bermain game berat.

20-30 FPS

Angka ini jika digunakan untuk melakukan aktivitas multimedia mungkin sudah bisa digunakan meski dalam keadaan terbatas. Tetapi untuk bermain game, masih terasa terhambat.

50 – 60 FPS

Dalam nilai ini, game dikategorikan Lancar dan nyaris tidak ada kendala saat digunakan bermain game. Jika kamu main game olahraga (seperti PES atau FIFA), nilai FPS ini sangat dianjurkan.

>60 FPS

Ini menjadi nilai ideal buat bermain game. Meski demikian, hal ini tentu harus didukung juga dengan monitor di atas 60Hz.

Cara Ketahui Nilai FPS di Game

Untuk mengetahui jumlah FPS dari sebuah game, secara garis besar ada dua metode yang bisa kita pakai, yaitu memakai software dan langsung dari game-nya.

Di sini, kita secara khusus membahas metode yang berasal dari game yang kita mainkan. Caranya, yakni dengan melakukan benchmark game atau mengatur setting supaya FPS muncul. Namun perlu diketahui, bahwa tidak semua game mendukung fitur ini. Bahkan kebanyakan hanya pada game dengan tahun rilis 2012 ke atas

Dengan mengetahui kecepatan frame per second, kita akan mempunyai gambaran kecepatan komputer kita saat memproduksi grafis di layar. Jika memang FPS yang dicapai perangkat kita kecil, maka kamu bisa meng-upgrade komputer kamu.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published