Tips Kenali Mouse Gaming dengan Sensor yang Bagus

Gamer, seperti kita ketahui, sensor berperan sangat vital dalam sebuah mouse gaming karenanya kita harus kenali spesifikasi sensor di dalamnya.

Cara yang bisa dilakukan tentunya adalah dengan melihat spesifikasi sensor yang ada di informasi produk. Tapi, itu belum jaminan kita tahu detilnya. Karenanya, kita harus mengetahui aspek apa sajakah yang penting dalam menentukan kualitas sensor mouse.

Buat pedoman kalian untuk mengetahui aspek utama dalam menilai sensor mouse, inilah hal-hal yang perlu diketahui:

  1. Counts Per Inch (CPI).
    Hampir seperti DPI, namun lebih akurat, CPI mengacu pada berapa kali sensor mouse “membaca” permukaan mousepad tiap inchi gerakan. Makin kecil angka CPI, makin jauh kamu harus menggerakkan mouse untuk memeroleh gerakah kursor yang makin lebar.CPI terkait erat dengan Dot per Inch (DPI) dan Inch per Second (IPS). DPI mengacu pada jumlah titik di permukaan yang berhasil dipetakan oleh sensor mouse per inci per segi, sedangkan IPS merujuk pada kecepatan sensor memetakan permukaan di bawahnya.
  1. “Jitter”
    Hal ini mengacu pada ketidakakuratan sensor untuk “membaca” permukaan. Jitter seringkali terkait dengan kecepatan gerakan mouse atau CPI.Makin “jitter” sensor mouse, semakin gerakan kursor tak beraturan. Loncat sana-sini.

    G8 DPI

  2. Angle Snapping
    Acuan ini merujuk pada kesesuaian antara data yang masuk dalam chipset sensor dengan gerakan yang dihasilkan.Semakin halus gerakan yang dihasilkan oleh sebuah mouse, maka kemampuan sensor “membahasakan” sinyal gerakan yang masuk makin bagus. Idealnya, perbandingan antara sinyal yang masuk ke chipset sensor dengan gerakan di kursor adalah 1:1.
  3. Lift-Off Distance (LOD)
    LOD mengacu pada tinggi ideal sebuah mouse sebelum sensor berhenti membaca permukaan. Ada beberapa jenis chipset sensor yang masih membaca permukaan sehingga ketika sedikit diangkat, kursor tetap bergerak.Bagi beberapa gamers, justru sensor mouse dengan nilai LOD rendah yang dibutuhkan sehingga mouse tetap mudah dikendalikan.

Nah, setelah mengupas kinerja gaming mouse berdasarkan chipset sensor yang dibenamkan di dalamnya, gaming mouse manakah yang jadi pilihanmu?

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published