Foto: Android Central

Siapa sih yang ngga kenal PUBG Mobile? Sepertinya hampir semua warga dunia ini tahu permainan besutan Bluehole asal Korea Selatan ini. Versi mobile dari PUBG ini memang “merakyat” karena dapat dimainkan di berbagai platform, seperti Android, iOS, XBox One, hingga Microsoft Windows.

Meski sudah sangat banyak pemainnya, namun game ini tak lepas dari berbagai kendala. Setidaknya, ada dua kendala yang sering dialami oleh para penggunanya. Pertama, game ini sering bermasalah saat terjadi penurunan kualitas internet. Kedua, kerap terjadi masalah dengan voice chat, terutama saat menggunakan headset. Kita akan bahas problem yang kedua ini.

Permasalahan soal suara voice chat memang menyebalkan karena kita jadi tidak bisa berkomunikasi dengan teman satu tim saat bermain, padahal mikrofon dalam keadaan menyala dan speaker tetap mengeluarkan suara game.

Mengulik dari laman techcords.com, ada beberapa cara atau metode yang bisa dilakukan, yaitu:

Metode #1: Bersihkan Data dan Chace PUBG Mobile

Cara termudah yang bisa dilakukan pertama-tama adalah dengan membersihkan data sisa atau chace dari perangkat Android kamu.

  1. Masuk ke “Settings” dan turun ke bawah hingga menemukan fitur Installed Apps. Masuk di fitur itu.
  2. Kamu akan menemukan file PUBG Mobile, klik.
  3. Masuk di pilihan “Storage”.
  4. Klik tombol “Clear Data” yang ada di bawah.
  5. Klik tombol “Clear all data” dan “Clear cache” satu per satu

Metode #2: Memfungsikan Kembali Ijin Penggunaan Mikrofon di Game PUBG
Nah, biasanya pengguna sering terjebak dengan “perijinan” ini. Mereka berpikir bahwa dengan klik “Allow” maka secara otomatis mikrofon akan berfungsi. Kurang tepat… Ini dia caranya.

  1. Masuk ke fitur “Settings”, scroll ke bawah, dan klik “Installed Apps”.
  2. Masuk ke instalasi PUBG Mobile.
  3. Klik “App Permissions”.
  4. Ini yang penting! Matikan fitur mikrofon.
  5. Masuklah kembali ke game PUBG Mobile di ponsel kamu. Karena mikrofon dinonaktifkan, maka secara otomatis, game akan meminta microphone permission. Nah, sekarang saatnya kamu mengaktifkan kembali dengan klik “Allow” dan mikrofon akan aktif.

Metode #3: Menunggu Pembaharuan dari Tencent

Jika kedua metode di atas belum berhasil juga, maka langkah terakhir adalah menunggu update dari Tencent, si pembuat game ini. Tidak ada game yang sempurna. Semua pasti akan ada pembaharuan secara bertahap.

Rexus Travello BT121

Jangan pernah langsung menyalahkan perangkat headset kamu dan langsung memvonis bahwa headset kamulah yang bermasalah, teman. Ada banyak faktor yang berperan dalam menyajikan sebuah pengalaman game yang menawan. Semua faktor itu saling terkait. Jangan mudah menjadikan kambing hitam satu faktor saja – jiahh…. Ngomong apa sih gw nih

Selamat mencoba!

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] kalian pasti sebel deh jika headset yang baru saja kalian beli ternyata tidak dikenali oleh komputer. Masalah ini sering terjadi pada […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *