Foto: http://www.drleviharrison.com

Meski sering disepelekan, posisi keyboard saat bermain game ternyata sangat menentukan pergerakan dan daya tahan pemain. Pernyataan ini juga ditekankan oleh seorang dokter ahli bedah ortopedi yang kerap disebut sebagai ahli esports, Dr. Levi Harrison, MD,  dari Univertsity of California.

Menurutnya, posisi penempatan keyboard saat bermain beperan penting dalam menentukan posisi tangan, pergelangan tangan, hingga posisi tubuh secara keseluruhan untuk waktu yang lama. Jika sejak awal posisi keyboard sudah salah, maka posisi seluruh bagian tubuh pun akan mengalami kondisi yang tidak ideal sehingga berpotensi besar mengalami gangguan kesehatan berupa repetitive stress injury (RSI), seperti carpal tunnel syndrome (CSI), tendonitis, gangguan otot mata, hingga sakit pingggang.

Penempatan keyboard juga akan menentukan pergerakan dan manuver saat bermain, sekaligus menentukan ketahanan fisik dan konsentrasi.

Logis! Dengan posisi yang tidak ergonomis, tubuh akan mengeluarkan energi lebih sehingga akan lebih cepat mengalami kelelahan. Fokus pun akan bakal drop jika tubuh mengalami kelelahan. Karenanya, dr. Levi Harrison menganjurkan beberapa posisi penempatan keyboard yang terbukti sangat membantu gamer untuk bisa bermain lebih hebat.

Pada dasarnya, dr. Levi memulai dengan posisi sederhana dan standar, yaitu menempatkan keyboard secara diagonal persis di depan kedua tangan seperti posisi mengetik biasa. Untuk posisi ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Gamer duduk dalam posisi ideal, dengan posisi tubuh atas lebih tinggi dari meja keyboard. Tubuh dalam keadaan tegap.
  2. Ketinggian siku sejajar atau lebih tinggi dengan ketinggian keyboard, dengan siku membentuk sudut 90 derajat.
  3. Hindari posisi meja lebih tinggi yang akan membuat siku dalam keadaan tergantung karena kaan membatasi gerakan dan membuat peredaran darah tak lancar.
  4. Mendapatkan jarak yang pas antara posisi duduk dengan keyboard. Dr. Levi menganjurkan agar jarak antara torso atau badan dengan keyboard adalah sekitar 6 – 9 inchi atau sekitar 7 – 11 cm. Jarak seperti ini akan mengkondisikan tubuh tetap tegap saat duduk.
  5. Lengan harus diletakkan di atas meja untuk menghindari kelelahan kedua lengan.
  6. Dalam permainan, posisi keyboard akan berubah saat permainan makin asyik. Tapi, usahakan untuk mengembalikan keyboard ke posisi semula. Agar memudahkan dalam mengembalikan ke posisi semula, tandai posisi awal keyboard dengan selotip.
    rexus legionare mx3.1
  7. Jika dirasa butuh, gunakan keyboard yang punya dudukan pergelangan tangan, seperti keybord Rexus MX3.1. Bantalan tersebut akan menyangga pergelangan tangan dengan sempurna dan menjaga sudut sikut tetap sekitar 90 derajat.
  8. Ketinggian keyboard. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa keyboard yang memiliki kemiringan 20 derajat sangat ideal. Hindari menggunakan keyboard dalam posisi rata karena jari-jari Anda harus menjangkau dan menekan tombol lebih keras sehingga dalam waktu lama, kebiasaan itu akan memengaruhi kesehatan persendian jari-jari.
  9. Hindari menaikkan siku saat mengetik keyboard. Banyak gamer, terutama saat bermain CSGO, yang memiringkan keyboard agar lebih mudah memencet tombol WASD, dengan menaikkan siku. Ternyata, kebiasaan tersebut lama-kelamaan akan membuat gangguan kesehatan, terutama pada siku dan pergelangan tangan.
  10. Jangan lupa atur jarak mouse, yaitu sekitar 8 inchi atau sekitar 9,5 cm dari keyboard. Atur pula jarak mata dengan layar monitor. Jarak ideal yang dianjurkan adalah sekitar 20 – 30 inchi atau sekitar 36 – 40 cm dari mata.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *