Gamers, sebel ngga sih kalau mouse gaming idaman yang baru kita beli ternyata tidak terdeteksi oleh komputer? Sakitnya tuh di sini… (sambil garuk-garuk aspal-red.). Memang, bukan semata soal harga, tapi rasanya kita seperti dibohongi oleh produsen yang selalu bilang produknya adalah yang nomor satu. Hmm… memang sih, ngga ada produsen yang mengklaim kalau produknya adalah nomor lima.

Jika hal itu juga kamu alami, jangan buru-buru “lembiru”, lempar ganti baru. Belum tentu produk yang baru saja kamu beli itu bermasalah, rusak, ataupun gagal produk. Bisa jadi, itu karena settingan komputer kamu yang belum siap.

Lalu, bagaimana langkah yang bisa dilakukan?

Pertama, jika kamu membeli produk mouse gaming Rexus, kamu bisa menghubungi call center Rexus di nomor 0822 1100 8668.

Memang sih, admin call center nomor tersebut bukanlah seorang teknisi komputer, tapi pertanyaan kamu pasti akan langsung didiskusikan dengan divisi terkait dan kamu akan mendapatkan solusinya. Biasanya sih terus problem solved, guys.

G5N

Langkah kedua, pastikan arus USB komputer atau laptop kamu cukup kuat untuk mencatu daya gaming mouse kamu.

Tidak seperti mouse biasa,  gaming mouse mempunyai beberapa fitur tambahan, seperti lampu LED, sensor, ataupun chipset berkapasitas lumayan besar untuk menyimpan script dari software yang ada. Alhasil, daya listrik yang dibutuhkan tentu lebih besar dari yang dibutuhkan mouse biasa.

Karenanya, coba kamu pindah colokan USB-nya. Colokan USB yang ada di bagian belakang komputer biasanya lebih “nyetrum” dibandingkan dengan colokan yang ada di depan. Tidak percaya? Coba tempelkan lidah kamu…. Ngga dink. Don’t ever do that (even at home)!

Ketiga, untuk serial mouse Rexus yang tidak menggunakan software, kamu bisa mencoba cara berikut, yaitu dengan me-reset sistem device manager komputer kamu. Tujuannya adalah agar setting-an komputer kembali ke default sehingga bisa mengenali perangkat baru yang masuk ke dalam sistem.

Rexus-titanix-TX3Bagaimana dengan mouse yang menggunakan software seperti Rexus seri Titanix? Tenang, kamu bisa melakukan cara seperti yang dilakukan untuk mengatasi masalah pada keyboard yang tidak terdeteksi. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Klik “My Computer”, Start > My Computer. Di sana akan tampak drive perangkat keras mouse baru. Kemudian, klik dua kali pada notifikasi itu.

2. Jika mouse gaming kamu membutuhkan driver, seperti seri Titanix TX9, maka sebelumnya kamu harus menginstal software driver dari CD driver yang disertakan dalam kemasan produk atau mengunduh software-nya di www.rexus.id/dukungan. Pastikan chipset software ter-install secara tepat.

3. Jika belum juga berhasil, kamu bisa mengalihkan perhatian ke sistem komputer. Satu yang perlu diperhatikan adalah sistem BIOS komputermu. Kamu bisa melakukan “Restart” pada komputermu dan tekan tombol “F2” atau tekan tombol “Delete” beberapa saat untuk masuk ke BIOS.

Langkah selanjutnya, kamu cari konfigurasi USB yang biasanya pada kolom Advance – USB Legacy Support.

Di situ, cek apakah statusnya sudah “Enable” atau belum. Jika masih “Disable”, ganti ke “Enable”. Kamu juga bisa me-reset BIOS ke setting-an Default. Jika sudah, klik “Save” dan restart komputermu.

O iya, lakukan langkah-langkah di atas saat suasana hati sedang nyaman ya. Jangan saat dalam kondisi terburu-buru, emosi, apalagi habis putus dengan pacar… (jadi baper). Kenapa? Supaya kamu bisa melakukannya secara cermat dan tenang.

Semoga tips ini berhasil. Selamat mencoba.

 

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *