Gamer, satu hal penting yang perlu kamu ketahui saat memilih  keyboard adalah ukuran keycap atau tombol, terutama buat kamu yang doyan memodifikasi keyboard. Hal tersebut untuk menentukan apakah keycap tersebut cocok untuk layout keyboard yang kamu miliki.

Seiring dengan makin banyaknya pilihan keyboard, makin beragam ukuran keycap. Jadi, kamu tentu harus pintar-pintar mengetahui ukuran keycap keyboard.

Memang tidak mudah. Beberapa keyboard memiliki tombol pengubah yang lebih kecil, tombol shift kanan khusus, spasi aneh, tombol enter unik, dan spasi.  Bahkan, beberapa keyboard membutuhkan tombol ekstra atau tombol yang lebih kecil dari tata letak standar.

Keyboard Rexus Legionare MX9 Pudding Version keycap Standar Ukuran Keycap Tombol Keyboard Mekanikal yang Kamu Harus Ketahui 4 600x338

Foto: Keyboard Rexus Legionare MX9 Pudding Version

Cara Mengukur Ukuran Keycap Keyboard

Ukuran yang sering digunakan oleh produsen keycap adalah unit atau 1u. Ukuran tersebut merupakan standar internasional sehingga setiap produsen keycap tentu berpatokan pada konsensus ini.

Sebuah keycap standar mempunyai ukuran 1u atau sama dengan ukuran penempatan 19.05 x 19.05mm persegi. Dalam ukuran penempatan tersebut, berarti ukuran keycap di kisaran 18 x 18mm.

Jika mengacu pada ukuran keycap, 1u adalah ukuran satu kunci alfanumerik.  2u adalah dua kali lipat ukuran 1u, yang akan menjadi dua kunci normal yang digabungkan menjadi satu.

Jadi jika ada ukuran keycap 1.75u berarti ukurannya 1 unit ditambah ¾ dari ukuran tersebut. Dengan sistem standarisasi tersebut, kita akan lebih mudah menentukan ukuran keycap.

keycap Standar Ukuran Keycap Tombol Keyboard Mekanikal yang Kamu Harus Ketahui keycap size 600x525

Perhatikan Ukuran Keycap Sebelum Modifikasi Keyboard

Sebagai pedoman, berikut ukuran keycap yang berukuran standar, yaitu:

Standard Layout: Key Sizes

Right Shift: 2.75u

Enter Key: 2.25u

Backspace: 2u

Numberpad (0, + , enter): 2u

Meski demikian, ada keyboard dengan ukuran standar, namun ukuran keycapnya sedikit “warbyasah”.   Ada beberapa keyboard mekanis berukuran penuh oleh perusahaan seperti Razer, Logitech, dan Corsair yang baris bawahnya disebut sebagai “non-standar”.

Dari fakta ini, maka saat membeli keyboard mekanikal dengan layout tertentu, berhati-hatilah dengan ukuran keycap jika kamu berencana mengganti keycap-nya di masa mendatang dengan keycap yang berbeda dan bukan bawaan produk keyboard tersebut.

Keyboard Rexus Legionare MX5,2 keycap Standar Ukuran Keycap Tombol Keyboard Mekanikal yang Kamu Harus Ketahui 8 600x367

Foto: Keyboard Rexus Legionare MX5,2 TKL

Kesimpulan yang bisa kita ambil adalah bahwa untuk memodifikasi keycap keyboard, pertama-tama kamu harus mengetahui dulu ukuran unit keycap keyboard yang kamu miliki. Kedua, usahakan untuk menggunakan keycap dengan profile yang sama dan dari pabrikan yang sama dengan keycap bawaan.

Ketiga, jika kamu menggunakan keyboard dengan layout tertentu seperti Daxa M71 atau Daxa M84, kamu harus lebih makin teliti ukuran keycap yang hendak kamu beli dan ganti.

Tidak mudah bukan, Sob? Tapi justru modifikasi keyboard itu tidak mudah, kita malah makin tertantang untuk memodifikasi keyboard mekanikal kita seunik mungkin. Betul?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.