Waspadai Bahaya Kebanyakan Duduk Main Game. Lakukan Hal Ini!

Gamer, bermain game, belajar di rumah, bekerja di rumah, atau apapun aktivitas berada di depan komputer yang makin lama kita lakukan saat pandemi ini memaksa kita untuk duduk berjam-jam. Tak hanya satu atau dua jam, kita bahkan bisa duduk hingga belasan jam.

Kebiasaan inilah yang digolongkan dalam gaya hidup sedentary. Gaya hidup sedentary adalah gaya hidup atau kebisaan berdiam diri dalam waktu lama, tanpa melakukan aktivitas fisik yang membakar kalori.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa saat Anda duduk dalam waktu yang lama maka yang terjadi adalah aktivitas otot akan berhenti, proses pembakaran kalori turun menjadi hanya 1 kcal per menit, dan enzim yang membantu membakar lemak berkurang.

Hasilnya, tubuh kamu bakal menumpuk lemak di dalam tubuh. Tak hanya buat orang yang sudah berumur, gaya hidup seperti ini juga bakal dialami oleh kita yang berusia muda. Tak mau hal itu terjadi pada kamu? Berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan.

1. Banyak minum air putih

Meski sedang bermain game, jangan lupa untuk selalu minum air putih. Jangan tunggu saat merasa haus.

Air putih terbukti membantu membakar kalori karena berperan meningkatkan proses metabolisme tubuh. Air putih juga membantu meningkatkan fokus.

2. Lakukan peregangan saat duduk

Kegiatan duduk dan belajar atapun bekerja di atas kursi sebenarnya bukan tidak membakar kalori sama sekali. Tapi, jumlah kalori yang dibakar relatif kecil, hanya 10 kcal per jam.

Kamu bisa memperbesar jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh bila Anda melakukan peregangan ringan setiap duduk satu jam, yang akan membakar 126 kcal per jam.

3. Hindari ngemil

Hindari kebiasaan mengemil makanan berkalori tinggi seperti gorengan, keripik kentang, atau camilan berlemak. Kebiasaan tersebut bakal akan menambah berat badan kamu.

Transfat atau lemak jenuh pada camilan kemasan juga berpotensi menaikkan kadar kolestrol darah. Kolestrol jahat (LDL) berpotensi menyumbat aliran darah dan menyebabkan ragam penyakit serius, seperti serangan jantung, stroke, dan hipertensi.

4. Tetap rutin berolahraga.

Meski digolongkan sebagai e-sport, bukan lantas dengan bermain game kamu kemudian mengesampingkan olahraga. Sempatkan untuk berolahraga seminggu 2 - 3 kali.

Selain akan membakar kalori, olahraga akan meningkatkan stamina kamu saat bermain game. Daya tahan tubuh saat bermain game juga bertambah dengan rutin berolahraga.

5. Kurangi makanan berlemak.

Karena aktivitas bermain game tidak membutuhkan kalori dalam jumlah besar, sebaiknya kurangi makanan berlemak dan tinggi karbohidrat. Asupan nutrisi kedua jenis makanan tersebut hanya akan menumpuk jadi lemak dalam tubuh.

Bukan hanya akan membuat tubuh jadi gemuk, kebanyakan duduk juga sangat berpengaruh pada kesehatan. Bahkan, kebanyakan duduk juga dapat pembekuan darah yang menyebabkan kematian.

6. Lakukan aktivitas fisik di rumah

Meski banyak waktu di rumah, jangan lupakan untuk tetap melakukan aktivitas fisik. Kamu bisa melakukan hal-hal berguna yang membuat tubuhmu tetap bergerak, seperti menyapu, mengepel, mencuci baju sendiri, dan lain sebagainya.

Aktivitas fisik juga dapat berfungsi sebagai functional training yang akan melatih otot tetap bekerja secara optimal. Cara ini juga tentu akan membakar kalori berlebih dalam tubuh.

Selalu waspada dengan gaya hidup ini, terutama di saat kondisi yang memaksa kita untuk selalu duduk, seperti saat pandemi Covid-19. Jangan hanya duduk di kursi, usahakan tubuh tetap aktif agar sehat dan produktif!

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published