Waspadai Bahaya Pakai HP Sambil Dicas

Gamer, pernahkah kalian mendengar berita kecelakaan akibat menggunakan HP atau perangkat elektronik saat dicas atau diisi ulang dayanya? Buat kalian yang belum pernah mendengar, diberitahukan bahwa fakta itu ada. Buat kalian yang sudah mendengar tetapi merasa bahwa hal itu tidak masuk akal, sebaiknya berpikir lebih terbuka bahwa kemungkinan itu ada.

Tidak banyak, memang. Lebih banyak berita mengenai kecelakaan, tragedi akibat tawuran, atau berita dukacita akibat paparan virus Covid-19. Tetapi, fakta bahwa ada kecelakaan saat menggunakan HP sambil dicas itu ada dan berpotensi mengkibatkan nyawa melayang.

Kejadian tersebut sebenarnya bisa dipahami secara mudah, yaitu bahwa proses pengisian baterai dengan melibatkan arus listrik yang berpotensi nyetrum. Mungkin, beberapa fakta di bawah ini bisa dijadikan referensi dan pengetahuan agar kita makin waspada dan bijak saat menggunakan HP atau perangkat lain, seperti headset, saat dicas.

Baterai menjadi panas

Proses charging adalah pengisian daya listrik yang sebelumnya telah diubah dari AC ke DC oleh adaptor atau charger ke dalam elemen baterai. Saat pengisian tersebut, baterai akan mengalami kenaikan suhu.

Jika pengisian daya tersebut dibarengi dengan proses pelepasan daya buat mengoperasikan ponsel, maka kerja baterai maka suhu baterai berpotensi meningkat. Hal itu tentu berpengaruh pada elemen atau komponen yang ada dalam baterai itu. T

ak hanya itu, jika baterai yang panas tersebut mengenai daerah sekitar telinga, maka tentu saja akan terasa tidak nyaman, bukan?

Baterai HP cepat menggelembung dan rusak

Seperti yang di kutip dari laman detikinfo.com, menggunakan HP sambil melakukan pengisian ulang bisa memendekkan umur baterai. Penggelembungan baterai ini bisa terjadi karena komponen di dalamnya memuai akibat panas.

Panas berlebih tersebut biasanya terjadi karena arus keluar lebih besar arus masuk. Mengisi daya sambil digunakan menjadi salah satu penyebab utamanya.

Masalah Malasistem

Dampak terburuk dari charging smartphone sambil nge-game ialah sistem bermasalah atau ponsel rusak. Jika kamu memainkan game pada saat charging smartphone, akan berpotensi membuat kerja sistem dari komponen ponsel anda (GPU, Processor, RAM, dll) menjadi lebih lama dari biasanya. Apalagi game yang anda mainkan game dengan kualitas grafis yang tinggi. Gejala ini biasanya ditandai dengan lambat nya respon ponsel saat membuka aplikasi dan lain sebagainya.

Potensi konsleting dan terbakar

Fatalnya, mengisi daya baterai sambil menggunakan ponsel bisa mengakibatkan terbakar atau bahkan meledak. Selain karena panas berlebih, kebakaran ini juga bisa disebabkan karena terjadinya konsleting atau arus pendek.

Foto: Rexus TWS FX1

Bagaimana Solusi Jika Terpaksa Menggunakan HP Sambil Dicas

Tentu solusi paling tepat adalah dengan menghindari kebiasaan bermain game pada ponsel yang sedang dicas. Meski demikian, ada beberapa keadaan yang memaksa kita melakukannya. Namun, dalam keadaan mendesak tersebut, sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar terhindar dari potensi bahaya tersebut.

1. Gunakan earphone

Dengan menggunakan earphone, tentu ada jarak antara telinga kita dengan HP. Itu akan meminimalkan kefatalan jika HP terbakar, konsleting, menyetrum, atau bahkan meledak. Kamu bisa juga menggunakan jenis earphone wireless, seperti Rexus TWS FX1 yang memungkinkan pergerakanmu lebih leluasa meski saat HP sedang diam dicas.

2. Gunakan powerbank

Perangkat ini memang sudah tak asing lagi digunakan. Sebagai pemilik ponsel, tentunya kita harus mempunyai perangkat ini agar dalam keadaan tertentu, kita masih bisa mempunyai cadangan listrik DC buat ponsel kita.

3. Gunakan charger bawaan ponsel yang orisinil

Faktor kecelakaan karena pengisian daya ponsel juga bisa terjadi karena penggunaan charger yang tidak sesuai dengan kapasitas ponsel yang dikoneksikan. Karenanya, demi amannya, kita sebaiknya menggunakan charger yang mempunyai arus dan tegangan yang sesuai dengan kebutuhan ponsel.

Demi amannya, sebaiknya menggunakan charger bawaan ponsel. Charger bawaan ponsel tentulah sudah disesuaikan kapasitasnya berdasar ponsel tersebut.

Dengan mengetahui potensi bahaya bemain game atau menggunakan HP sambil dicas tersebut, kamu hendaknya makin berhati-hati saat bermain dengan perangkat elektronik, terutama arus listrik AC dengan voltase besar. Terkena sengatan listrik dari raket nyamuk saja sakit apalagi kesetrum listrik, bukan? Waspadalah waspadalah.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published