10 Tips Tetap Bugar Saat Puasa A la Gamer

Gamers, buat kalian yang menjalankan puasa Ramadhan, tentu ingin tetap bugar dan sehat sehingga bisa menjalankan puasa selama satu bulan penuh. Tak hanya sebagai kebanggaan, bagi umat Muslim, berhasil menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh juga diyakini mendatangkan keberkahan dari Allah SWT.

Untuk menjalankan puasa sebulan penuh, selain dibutuhkan niat yang kuat, juga diperlukan strategi yang tepat agar stamina tubuh tetap kuat saat menjalankan puasa dari hari ke hari. Berikut kami berikan beberapa tips yang bisa dilakukan, terutama oleh para gamer.

1. Jangan lupakan sahur

Menurut beberapa ahli, sahur merupakan saat yang paling menentukan dalam keberhasilan berpuasa. Tanpa sahur, tubuh takkan mempunyai sumber energi yang cukup untuk beraktivitas seharian. Sayangnya, sahur sering terlupakan karena bukan hal yang mudah untuk mengonsumsi makanan pada pagi hari, saat lambung masih dalam keadaan “tidur”.

Agar tetap bisa sahur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan gamer:

  • Jangan biasakan bermain gim hingga larut pagi. Usahakan untuk tetap mempunyai waktu tidur malam yang cukup agar saat sahur, tak terlalu terbebani rasa kantuk.
  • Jika saat libur dan ingin bermain gim hingga dini hari, sebaiknya pilih waktu untuk mulai main gim beberapa saat setelah berbuka puasa. Saat dini hari, tetaplah bermain saat jelang sahur.
  • Awali dan akhiri sahur dengan minum air putih yang banyak.

makanan sahur
2. Sahurlah dengan menu tinggi protein dan serat

Sahur bukanlah waktu untuk makan sebanyak-banyaknya. Daripada makan dengan porsi jumbo, lebih baik kalian mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti telur, ikan, dan kacang-kacangan.

Protein berguna agar Anda merasa kenyang lebih lama dibanding dengan mengonsumsi karbohidrat. Selain protein, perbanyaklah mengonsumsi serat. Selain membuat rasa keyang lebih lama, serat juga berfungsi untuk mencegah kecenderungan mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi saat buka puasa nanti.

kentang saus keju
3. Hindari makanan yang berkadar garam tinggi saat sahur

Agar tak mudah haus saat puasa hari ini, sebaiknya sebaiknya menghindari makanan sahur yang kadar garamnya tinggi. Natrium atau garam bersifat higroskopis atau menyerap cairan tubuh sehingga kalian akan mudah haus.


4. Tetap lakukan aktivitas seperti biasa, tetapi efisien menggunakan energi

Puasa bukan berarti harus berhenti melakukan aktivitas harian. Buat pelajar, ya tetap belajar di sekolah. Lakukan aktivitas seperti biasa, tetapi sebaiknya lebih efisien dalam menggunakan energi. Jika memungkinkan, kurangi aktivitas cepat dan eksplosif.

Buat gamer yang sedang liburan, ini jadi saat yang tepat untuk bermain gim sambil menunggu waktu berbuka puasa. Tapi, tetap jaga tutur kata dan perilaku ya, saat bermain gim.

burger
5. Hindari berbuka puasa berlebihan

Ingat, inti dari berpuasa adalah mengonsumsi makanan secukupnya dan juga penuh nutrisi, bukan melahap semua yang ada di depan Anda. Batasi konsumsi kolak pisang yang kaya akan santan, rendang, gorengan, dan makanan penggugah selera lainnya dalam tahap normal.

Saat berbuka, adalah lebih penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dengan makanan dan minuman yang mengandung air dan segar sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

 

air gelas
6. Jaga agar tubuh Anda terhidrasi dengan baik

Kembalikan cairan tubuh saat berbuka dengan minum air secara berkala, jangan sekaligus banyak dalam sekali tenggak. Pilihan yang lebih baik adalah dengan meminum air kelapa. Air kelapa memberikan tubuh Anda elektrolit alami, vitamin, serta nutrisi.

7. Makanlah secara pelan dan bertahap

Cara ini mungkin sudah banyak diketahui oleh banyak orang yang berpuasa. Saat berbuka, awali dengan minum dan makanan cair yang mudah dicerna oleh lambung. Setelahnya, beri jeda beberapa saat sebelum makan makanan utama.

Saat menyantap makanan utama, lakukan secara pelan. Makan secara pelan akan membiasakan lambung dan organ pencernaan lain untuk mengolah makanan kembali setelah seharian tidak aktif. Jika sudah dirasa cukup kenyang, berhentilah makan. Konsumsi kembali makanan sekitar 2 jam setelahnya. Cara ini akan membuat asupan energi tubuh tetap stabil.

8. Batasi mengonsumsi kafein

Ini penting buat para gamer yang suka mengonsumsi kopi atau minuman berenergi yang tinggi kafein agar tetap melek. Jika kalian terbiasa melakukan cara itu, sebaiknya mulai kurangi. Kafein membuat Anda lebih sering buang air kecil sehingga tubu akan cepat kehilangan cairan.

9. Tetap lakukan aktivitas fisik dan olahraga ringan

Aktivitas fisik akan membuat metabolisme tubuh tetap terjaga saat puasa. Soal pemilihan waktu, lakukan olahragga atau aktivitas fisik saat waktu ngabuburit atau jam sebelum buka puasa.

10. Jangan lewatkan waktu tidur

Seketat apapun jadwal bermain gim kalian, sempatkan untuk tetap tidur selama 7 – 8 jam. Tidur akan bermanfaat untuk memberi waktu regenerasi sel tubuh, selain menjaga agar hormon tetap stabil.

Baca juga:

Terkuak! 8 Nutrisi yang Harus Dikonsumsi Para Gamer

10 Aturan Sehat A la Gamer

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published