Cara Sederhana Optimalkan Kecepatan WiFi, Main Game Makin Ngebut

Gamer, kualitas jaringan WiFi yang mumpuni sangat berpengaruh pada kelancaran bermain game online. Kualitas yang dimaksud tentunya mengacu pada kecepatan transfer data yang bisa dilakukan secara nirkabel melalui perangkat tersebut.

Terutama buat kamu yang menggunakan ponsel untuk bermain game, sinyal WiFi baik di rumah ataupun saat berada di WiFi Hotspot tentu sangat membantu. Selain bisa menghemat kuota internet ponsel, jaringan WiFi cenderung lebih kuat karena biasanya berbasis internet kabel yang kemudian dipancarkan menggunakan pemancar (router).

Kecepatan internet yang terpancar via WiFi memang tergantung dari kualitas internet dari provider atau penyedia layanan internet. Itu tidak bisa diotak-atik lagi. Tetapi, untuk mengoptimalkan kecepatan atau kelancaran sinyal WiFi, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan.

  1. Ada di posisi dengan sinyal WiFi kuat

Sinyal WiFi mempunyai daya jangkau yang sangat bervariatif, antara sekitar 30 – 100 meter per segi. Daya jangkau tersebut tergantung pada standar IEEE yang digunakan oleh pemancarnya dan data rate yang dipakai.

Dengan keterbatasan daya jangkau tersebut, maka hal pertama yang perlu diperhatikan saat menggunakan jaringan nirkabel ini adalah posisi kita. Semakin kita dekat dengan pemancar, maka kecepatan internet akan makin optimal.

  1. Hindari lokasi yang tertutup

Masih terkait dengan kekuatan WiFI, langkah yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan kecepatan WiFi yang diterima perangkat kita adalah dengan berada di tempat terbuka. Tempat tertutup yang mempunyai banyak sekat berpotensi menjadi penghalang (barrier) sehingga menurunkan kualitas sinyal.

  1. Batasi pengguna WiFi

Semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan, akan semakin membuat bandwidth WiFi menjadi terbagi-bagi. Akibatnya, kecepatan internet pun akan menurun.

Solusinya, batasi saja jumlah perangkat yang tersambung ke WiFi. Misalnya 3 sampai 4 perangkat saja (sesuai kebutuhan).

  1. Atur ulang WiFi

Terkadang, karena kesalahan kita dalam mengatur konfigurasi, kualitas sinyal WiFi justru menurun. Untuk mengembalikannya, kita bisa melakukan reset ke konfigurasi awal atau default.
  1. Gunakan penguat sinyal WiFi

Untuk memperkuat sinyal WiFi yang diterima oleh perangkat, kita bisa menggunakan repeater atau penguat sinyal router WiFi. Bentuk dari repeater ini bermacam-macam, tapi biasanya berbentuk seperti kotak kecil dengan antena. Harganya pun bisa beragam, mulai dari 100 – 500 ribuan.

Terkait dengan metode menguatkan penangkapan sinyal WiFi ini, ada beberapa tutorial yang menjelaskan penggunaan kaleng bekas yang dimanfaatkan sebagai semacam antenna grid yang berbentuk seperti parabola. Cara sederhana ini bisa kamu coba.

Cara-cara sederhana tersebut tentu tak ada ruginya untuk dicoba demi bisa bermain game online secara lancar dan tentunya, hemat kuota. Cara hemat bermain game lainnya tentu adalah dengan menggunakan produk gaming yang terjangkau, seperti produk gaming merek Rexus.

Foto: Mouse DAXA Pro Wireless, TWS Rexus FX1

 

Rexus menyediakan beragam pilihan lini produk gaming mulai dari yang murah hingga lumayan mahal. Meski terjangkau, kualitasnya bisa diadu dengan beragam produk gaming ternama lainnya yang harganya tentu lebih mahal.

Nah, kalau sudah dapat solusi WiFi cepat tanpa hambatan dan menggunakan produk gaming yang harganya tak mencekik leher, main game pun jadi lebih plong… tanpa kuatir.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published