Gamers, kalian pasti sebel deh jika headset yang baru saja kalian beli ternyata tidak dikenali oleh komputer. Masalah ini sering terjadi pada headset yang mempunyai koneksi single jack dan dilengkapi dengan software, seperti Headset Rexus Thundervox HX2, HX2, dan HX10.
Saat USB headset dicolokkan, muncul notifikasi “USB Not Recognized”. Tentu saja, hal itu membuat headset tidak bisa digunakan. Please, sekali lagi, jangan langsung salahkan headset Rexus yang baru saja kalian beli ya. Ini lebih ke permasalahan driver dan software, bukan semata-mata perangkat keras.
Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara ini sering digunakan untuk Win 10/8/7.
Cara #1: Periksa koneksi
Yuk, kita mulai dari faktor yang paling sederhana, yaitu fase penyambungan antara headset dengan komputer.
- Cara yang paling mudah adalah dengan mencabut koneksi headset dan memindahkannya ke port atau colokan USB yang lain di komputer atau laptop. Beberapa kasus headset yang tidak terdeteksi terjadi karena USB port komputer pengguna mati.
- Cara mudah lainnya adalah dengan mencoba headset di komputer atau laptop lain. Jika di komputer lain tetap tidak bisa, baru kita coba metode selanjutnya.
Cara #2: Cek Permasalahan Audio Komputer
Kita bisa mencoba untuk menjalankan Windows built-in Playing Audio troubleshooter untuk mengetahui permasalahan mengapa headset dan komputer tidak bisa dijodohkan.
- Tekan tombol berlogo Windows dan ketik “Troubleshoot”. Kemudian klik “Troubleshoot”.
- Klik “Playing Audio”kemudian klik “Run the troubleshooter”.
- Klik “Next”.
- Pilih “Headphones” dan klik Next.
- Klik“No, Do not open Audio Enhancements”.
- Klik “Play test sounds”.
- Klik“I didn’t hear anything” sehingga Windows akan melakukan reinstal driver audio.
- Ikuti instruksi informasi di troubleshoot jika komputer tidak mendeteksi headset.
Cara #3: Khusus untuk Driver Realtek HD Audio Manager
Disarikan dari forum ccm.net, untuk pengguna driver audio Realtek HD Audio Manager, sering terjadi driver ini tidak mengenali perangkat keras yang dikoneksikan. Untuk mengatasinya, biasanya adalah dengan menonaktifkan panel depan dan mengaktifkan mode Multi-stream.
- Klik tombol berlogo Windows dan klik “Control Panel.”
- Ketik Realtek HD Audio Manager di kotak pencarian dan klik notifikasinya.
- Klik “Device advanced settings” dan klik “Separate all input jacks as independent input devices”, kemudian aktifkan mode “Multi-stream mode” dan kik OK.
- Restart komputer kamu.
Selamat mencoba!