Mouse Gaming Rexus Xierra G7

Mouse Gaming Rexus Xierra G7

Semakin susah untuk mencari mouse gaming terbaik sekarang. Ada banyak macam mouse yang bisa dipilih, dari yang beda-beda perusahaan sampai yang menyediakan banyak fitur-fitur berbeda. Masalahnya sekarang, mouse gaming terbaik untuk satu orang, belum tentu cocok untuk orang lain. Jadi, gimana cara memilihnya?

Hal pertama yang harus kalian pertimbangkan adalah untuk game seperti apa mouse gaming ini. Game FPS, RPG, atau RTS yang kamu suka? Kalau jawabannya adalah first-person shooter (FPS), kamu harus mempertimbangkan lebih keras player seperti apa kamu (lihat bagian DPI). Kalau kamu suka game strategi, RPG atau MMO, maka pilihannya lebih mudah karena kamu disarankan untuk mencari mouse dengan banyak tombol yang dapat diprogram dan DPI yang cocok dengan gaya bermainmu.

LASER Vs. OPTIK

Mouse Optik

Mouse Optik

Jantung dari mouse gaming adalah sensor, dimana ada tiga tipe dasar: laser, optikal, dan infrared.

Sensor laser kemungkinan besar adalah sensor yang paling umum, mempunyai keuntungan yang besar dimana mouse ini bisa digunakan di permukaan apapun. Walaupun begitu, mouse laser mempunyai jarak lift-off yang lebih tinggi dibandingkan mouse optik. Jarak lift-off adalah jarak yang harus kamu angkat supaya kursor tidak lagi bergerak. Untuk game FPS, tidak disarankan menggunakan mouse laser karena saat kamu ingin memposisikan ulang mousemu, penglihatanmu akan kemana-mana. Akan sangat buruk kalau kamu lagi ditengah baku tembak. Inilah kenapa, banyak gamer profesional yang menggunakan mouse gaming dengan sensor optik.

Baca juga: Perbedaan Teknologi Optik Dan Laser Pada Mouse

Sekarang ada sensor baru yang menggunakan infrared, yang mengurangi masalah jarak lift-off di sensor laser, tapi juga bisa digunakan di permukaan apapun.

Sensor juga dapat berpengaruh dengan mousepad gaming khusus ya.

Jumlah DPI Terbaik

Semua mouse gaming akan menyatakan sensitivitas sensor di pengemasannya atau di material marketingnya. Itu adalah jumlah DPI, atau Dots Per Inch, dan ini adalah cara paling simpel dalam mengukur sensitivitas sensor mouse.

Makin tinggi DPI pada sensor, semakin berkurang jarak mouse yang harus kamu pindahkan untuk menggerakkan kursormu. Jadi kalau kamu punya mouse dengan DPI yang tinggi, juga semakin cepat kursormu berpindah. Tapi kamu harus mempunyai akurasi yang baik.

Dengan pengetahuan itu, kamu harus memutuskan kamu gamer MOBA, FPS, RPG, atau RTS. Untuk gamer FPS lebih cocok menggunakan mouse gaming DPI yang tinggi (kira-kira 2.000 DPI) karena kamu tidak perlu bergerak terlalu banyak untuk melihat sekeliling. Untuk gamer RPG dan RTS lebih disarankan untuk menggunakan mouse gaming DPI yang rendah (kira-kira 1.200 DPI).

Maka dari itu, jangan terlalu lebai saat mendengar iklan mouse gaming dengan 6.400 DPI. Kalau kamu menggunakan mouse ini, kamu hanya akan berputar 360°. Pastikan kalau mouse gaming yang kamu pilih juga memberikan fitur mengatur DPI, supaya bisa disesuaikan dengan game yang kamu mainkan.

Untuk selengkapnya tentang DPI, baca juga: Apakah Arti DPI pada Sebuah Mouse?

Kabel Vs. Wireless

Mouse Wireless

Mouse Gaming Wireless Rexus Xierra 110

Ini biasanya topik yang sangat hot untuk didebatkan. Kamu tidak perlu memikirkan kabel yang kusut kalau menggunakan mouse gaming wireless. Tapi ketergantungannya dalam mengirim signal memang menambah elemen keterlambatan atau delay. Emang ada mouse gaming wireless yang modern dan tidak delay, tapi untuk respon mouse tercepat, tetap disarankan menggunakan yang kabel.

Mouse gaming wireless ini juga bergantung kepada baterai. Beberapa datang dengan baterai yang bisa diisi ulang, sisanya bisa membuat kamu panik saat baterainya habis dan kamu harus mencari yang baru. Baterai juga menambah berat, jadi kalau kamu ingin menggunakan mouse gaming ringan, lagi-lagi disarankan menggunakan yang kabel.

Untuk selengkapnya tentang mouse gaming wireless dan kabel, baca juga: Mouse Kabel Atau Nirkabel, Mana yang Paling Bagus?

Tangan Kanan atau Kidal

Kalau kamu gamer kidal, maka pilihan kamu sayangnya terbatas karena banyak pengusaha yang tidak melihat banyak keuntungan dalam membuat mouse gaming khusus gamer kidal. Kebanyakan mouse gaming diproduksi untuk orang yang menggunakan tangan kanan. Untungnya, Rexus ada mengembangkan mouse gaming yang bisa digunakan oleh gamer kidal bernama Rexus Titanix TX10.

Mouse Gaming Kidal

Rexus Titanix TX10, bisa digunakan dengan tangan kanan dan kidal.

Claw Grip Vs. Palm Grip

Ada tiga style dalam memegang mouse. Yang pertama adalah palm grip, dimana telapak tangannya bersandar di atas mouse dan jari berada diujung tombol mouse. Pegangan ini cocok untuk ukuran mouse yang besar. Berikutnya adalah claw grip, dimana telapak tangan bersandar di atas mouse dan jarinya dilekukkan untuk menekan tombol mouse. Pegangan ini cocok untuk ukuran mouse yang kecil. Yang terakhir adalah fingertip mouse, dimana telapak tangan di bersandar pada mouse, hanya ujung jarinya saja.

Durabilitas

Mouse gaming terbaik juga harus tahan banting pastinya. Aksi gila-gilaan dari game FPS bisa menyebabkan tekanan yang kuat kepada mouse dan tombol-tombolnya. Mouse gaming diproduksi supaya bisa menahan lebih banyak perlakuan kasar daripada mouse standar biasa. Dengar-dengar, banyak gamer tekun bisa merusak mouse gaming mereka dalam beberapa bulan. Tahan banting disini tidak hanya pada tombol, tapi juga badannya.

Penerangan RGB Keren

LED RGB pada mouse sudah mulai menyebar. Semakin banyak mouse menggunakan LED RGB dan coraknya bermacam-macam supaya terlihat semakin canggih. Beda dengan keyboard gaming, LED RGB dapat meningkatkan skill pemain. Sayangnya untuk khasus ini, penerangan keren ini tidak memberi dampak apa-apa, manfaatnya cuman terlihat keren.Mouse Gaming LED RGB

Mouse Gaming Rexus Xierra X12

Budget

Setelah kamu menyeleksi beberapa pilihan mouse gaming yang terbaik untuk kamu, saatnya untuk mensortir berdasarkan harga. Harga termurah ataupun termahal, belum tentu terbaik untuk kamu. Tentukan lagi fitur yang paling penting dari pilihan-pilihan kamu. Apakah dengan selisih 100-200rb cukup bernilai untuk ditukar dengan fitur tersebut? Maka dari itu, yang mahal belum tentu yang terbaik untuk kamu. Bisa jadi, mouse gaming murah, namun berkualitas, yang kamu butuhkan. Kalau kamu ingin mencari mouse gaming murah, tentu saja jangan cari yang terlalu murah. Nanti menyesal kalau ternyata mouse gaming murah itu tidak memiliki durabilitas yang baik. Kalau on budget, pilih mouse gaming murah tapi tidak murahan.

Karena kami ingin semua orang dapat gaming dengan pengalaman yang terbaik, Rexus juga menyediakan banyak macam mouse gaming terbaik dalam kualitas dan terjangkau loh. Yuk coba dilihat produk-produk Rexus!

Gaming equipment belum lengkap kalau cuman mouse, baca tips di bawah ini untuk memilih yang terbaik:

8 Tips Menentukan Headset Gaming Terbaik Buat Kamu

5 Tips Menentukan Kursi Gaming Terbaik Buat Kamu!

3 Komponen Utama Dalam Memilih Keyboard Gaming Terbaik Buat Kamu

3 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] kan kalian udah tau kalau mouse gaming tidak menjadi satu-satunya equipment gaming yang menambah akurasi, ada timbul perasaan ingin beli […]

  2. […] baca dulu tips ini sebelum membeli mouse gaming terbaik untuk DOTA 2. Kalau gamer casual, mungkin mouse biasa aja sudah cukup. Tapi kalau kamu adalah […]

  3. […] kalau kamu ingin memilih mouse gaming terbaik khusus untuk game FPS (First-Person Shooter) kamu tidak disarankan hanya untuk mencari yang nyaman […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *