Melonjak Saat Covid-19, Ini Alasan Gamer Beralih ke Mobile Game

Gamer, selama pandemi Covid-19 pengguna game ponsel atau mobile game melonjak drastis karena beberapa kelebihannya yang bisa lebih menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Melonjaknya aktivitas yang dilakukan melalui ponsel sejak terjadinya pandemi Covid-19 berimbas pada kenaikan pengguna game ponsel.

Salah satu indikasi dari lonjakan pengguna mobile game adalah kenaikan unduhan game. Menurut data sensortower.com, sejak pandemi Covid-19, Maret lalu, terjadi lonjakan unduhan game hingga 44%. Pada April 2020 lalu saja terjadi kenaikan unduhan hingga 5,5 milyar kali!

Kelebihan Mobile Game Saat Pandemi

Meski terbatas secara visual karena luas layar yang kecil, mobile game memiliki beberapa kelebihan dibandingkan game PC. Kelebihan tersebut membuat mobile game lebih bisa menyesuaikan diri pada kondisi di saat banyak orang lebih banyak di rumah. Selain itu, ada beberapa hal yang membua mobile game lebih disuka pada saat pandemi ini.

1. Tetap dapat bermain game di rumah

Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), aktivitas di warnet dibatasi sehingga banyak penggila game PC yang semula selalu memadati warnet untuk bermain game sekarang harus beralih main game di ponsel agar hobi bermain game tetap dapat tersalurkan.

2. Lebih terjangkau

Tidak semua orang mempunyai komputer dengan spesifikasi gaming di rumah. Butuh dana yang tidak sedikit untuk membeli konsol atau PC dengan spesifikasi tinggi. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan smartphone. Dengan harga relatif yang makin terjangkau, kamu sudah bisa mendapatkan ponsel pintar dengan spesifikasi yang cukup untuk menjalankan game-game yang sedang populer saat ini.

3. Lebih multi-fungsi

Selama pandemi, hampir semua kegiatan takkan terlepas dari fungsi smartphone, mulai dari browsing, rapat daring, menjalankan aplikasi bisnis, dan masih banyak lagi. Di tengah kesibukan itu, kita bisa refreshing dengan bermain game dengan perangkat yang sama.

4. Durasi game lebih cepat

Saat bermain game di tengah kesibukan pun tidak perlu lama sehingga kita bisa kembali beraktivitas yang lain. Banyak pilihan mobile game yang memiliki durasi permainan yang relatif singkat. Sebut saja Cut The Rope, Angry Birds, hingga game FPS, seperti Modern Combat 5, yang rata-rata setiap misinya dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 10 menit.

Foto: Gamepad Rexus GX200

 

5. Bisa pakai tambahan gamepad biar kontrol lebih nyaman

Kelemahan ponsel saat digunakan untuk bermain adalah kontrol pengoperasian yang sulit karena tombol yang relatif kecil. Tapi, saat ini hal itu tidak bisa jadi alasan lagi. Kalian bisa bermain di ponsel dengan menggunakan gamepad. Tersedia banyak pilihan gamepad, seperti Rexus Gladius GX1, GX2, yang keduanya menggunakan kabel. Atau, kalian bisa menggunakan Rexus GX100 dan GX200 yang berbasis nirkabel sehingga lebih mudah dikoneksikan ke ponsel.

6. Banyak game gratisan

Satu lagi keunggulan mobile game adalah banyaknya variasi permainan yang tersedia secara gratis sehingga kamu tidak perlu lagi mengeluarkan bujet lebih. Ada beberapa game gratisan saat ini yang bisa kalian mainkan. Salah satunya yang sedang menjadi tren adalah Among Us.

7. Gameplay relatif lebih gampang

Buat kalian yang suka bermain game tanpa mikir, mobile gaming sepertinya lebih cocok. Cukup gunakan jarimu untuk mengombinasikan beberapa gerakan sederhana di atas layar, kamu sudah dapat menikmati permainan.

8. Mudah instalasinya

Gim atau aplikasi dapat terinstal dengan mudah di smartphone. Demikian juga ketika ingin menghapus, cukup tahan beberapa saat lalu pilih uninstall. Tidak dibutuhkan verifikasi serial number atau launcher tambahan layaknya di gim PC.

9. Banyak game crossplay

Saat ini makin banyak game yang bersifat crossplay atau cross platform yang bisa dimainkan di beberapa platform mesin game sekaligus. Sebut saja game seperti Grand Theft Auto milik Rockstar, LIMBO dari Playdead, This War of Mine dari 11 bit Studios, PUBG Mobile, dan lainnya.

Foto: Earphone Rexus ME3

 

10. Banyak pilihan earphone gaming pendukung

Tak hanya gamepad, saat ini banyak produsen yang memproduksi peralatan pendukung gim via ponsel. Ada beragam earphone gaming dari Rexus yang bisa dikoneksikan ke ponsel untuk mendapatkan pengalaman game yang lebih mantap. Ada Rexus ME3, Rexus ME4, Rexus Earphone ME6, Rexus EP3, Rexus EZ1, dan beragam tipe lain.

Earphone gaming ini tersebut dilengkapi dengan mikrofon yang sensitif. Bahkan, beberapa tipe earphone dilengkapi dengan mikrofon tongkat sehingga suaramu bisa tertangkap lebih fokus.

Lonjakan pengguna mobile game diprediksi akan terus berlangung selama pandemi terjadi. Bahkan, beberapa pendapat menyatakan bahwa setelah pandemi berakhir pun pengguna mobile game akan terus naik karena alasan-alasan di atas.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published