mikrofon Mau Beli Mikrofon Buat Nge-Vlogg atau Rekaman? Kenali Dulu Karakteristiknya! pewdiepie youtube

Foto: PewDiePie, variety.com

Gamersngga hanya PewDiePie atau T Series, banyak artis Youtube dan gamer yang jadi kaya berkat kemampuan jadi vlogger. Kamu pun juga bisa!

Mulailah dengan menjadi content creator yang kreatif. Setelah itu, beli perlengkapan nge-vlog yang mumpuni. Tanpa perlatan yang keren, hasil vlog kamu ngga akan maksimal. Bagaimana kamu bisa dapet banyak subscriber jika suara kamu terdengar ngga jelas. So, perlengkapan itu penting.

Pentingnya Mikrofon

Salah satu perlengkapan vlog yang penting adalah mikrofon. Buat nge-vlog ngga bisa loh, pakai mikrofon sembarangan. Kami menganjurkan untuk menggunakan mikrofon condenser. Mikrofon ini mempunyai kelebihan dibanding mikrofon biasa yang sering buat karaoke atau organ tunggal. Dengan mikrofon condenser, suara yang dihasilkan akan lebih jernih, detil, dan bulat.

mikrofon Mau Beli Mikrofon Buat Nge-Vlogg atau Rekaman? Kenali Dulu Karakteristiknya! WhatsApp Image 2018 12 04 at 17

Agar makin mantap dalam memilih mikrofon, sebaiknya agan sekalian mengenal karakteristik mikrofon dalam menangkap suara. Ada mikrofon yang mampu menangkap suara dari semua arah dengan kualitas yang sama, ada yang hanya mampu menangkap suara dari satu arah atau kombinasi arah tertentu.

Hal ini penting loh. Jika kalian salah memilih, maka suara yang ditangkap oleh mikrofon takkan optimal sehingga suara jadi tidak jelas atau justru suara lain yang tertangkap sehingga terjadi distorsi atau gangguan.

Secara gampang, kita jelaskan dalam beberapa istilah yang sering digunakan, yaitu:

1. Mikrofon Omnidirectional
Mikrofon dengan kemampuan menangkap suara dengan kualitas yang sama dari semua arah.Meskipun dapat menangkap suara dari berbagai arah, tapi suara yang terdekat dan terkuatlah yang akan dominan untuk ditangkap.

mikrofon Mau Beli Mikrofon Buat Nge-Vlogg atau Rekaman? Kenali Dulu Karakteristiknya! Omnidirect

2. Unidirectional
Mikrofon dengan kemampuan menangkap suara yang lebih dominan dari salah satu arah. Pada kategori ini, termasuk juga mikrofon cardioid dan hypercardioid.

  • Mikrofon Cardioid
    Cardioid yang biasanya disimbolkan “bentuk hati” merupakan salah satu pola menangkap suara pada mikrofon.  Suara yang ditangkap kebanyakan dari arah depan dan sedikit area di bagian samping. Mikrofon ini mengutamakan suara dari arah kemana mikrofon diarahkan, namun masih tersedia area untuk pergerakan mikrofon dan kebisingan ambien. Mikrofon tipe cardioid sangat fleksibel dan ideal untuk pemakaian umum. Kebanyakan mic genggam bersifat cardioid.
    mikrofon Mau Beli Mikrofon Buat Nge-Vlogg atau Rekaman? Kenali Dulu Karakteristiknya! cardioid
  • Mikrofon Hypercardioid
    Merupakan pengembangan dari versi cardioid. Mikrofon ini sangat terarah dan menghilangkan sebagian besar suara dari samping dan belakang.  Karena desain hypercardioid yang tipis dan panjang, mikrofon tipe ini sering disebut mikrofon “shotgun” atau “boom”. Mikrofon ini sering digunakan dalam syuting film profesional.3. BidirectionalJenis yang mampu menangkap suara dari dua arah yang berlawanan. Mikrofon ini biasa digunakan untuk mewawancarai dua orang yang saling berhadapan dimana mikrofon berada di antara keduanya.


Thronmax Bisa Dua Karakter Sekaligus

Wah, kalau begitu harus beli beberapa mikrofon donk kalau ingin melakukan rekaman yang berbeda karakternya? Ngga perlu, Kaka… Thronmax by Rexus MDZero mempunyai dua karakter mikrofon sekaligus dalam satu mikrofon, yaitu karakter Omni-directional dan Unidirectional Cardioid.

Pengguna tinggal memutar switch pada mikrofon dan mikrofon pun akan dengan sendirinya menangkap suara sesuai yang dikehendaki. Jadi, kamu ngga perlu lagi punya dua mikrofon.

Thronmax by Rexus MDZero menggunakan teknologi membran atau diafragma untuk menangkap suara. Dengan teknologi membran, mikrofon jadi sangat sensitif. Suara yang dihasilkan pun lebih bulat dan detil. Thronmax by Rexus pun sudah dilengkapi dengan internal pre-amp sehingga tidak perlu lagi menggunakan phantom power. Kalian tinggal colokkan kabel ke komputer atau laptop, langsung rekam deh

mikrofon Mau Beli Mikrofon Buat Nge-Vlogg atau Rekaman? Kenali Dulu Karakteristiknya! WhatsApp Image 2018 12 04 at 17

Mikrofon ini mempunyai dua macam port koneksi, yaitu USB Type C dan jack 3,5mm. Port USB-nya dapat dikoneksikan ke komputer ataupun laptop, sedangkan jack 3,5 dicolokkan dengan headset. Jadi, sambil rekaman, kamu tetap bisa mendengarkan suara game atau suara lain melalui headset. Praktis dan hemat.

Dengan Thronmax by Rexus, kamu juga bisa jadi vlogger terkenal dengan banyak penggemar dan pendapatan yang luar biasa.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *