Berapa Rata-rata Berat Headset Gaming Ideal?

Gamer, mungkin tidak banyak di antara kalian yang mempedulikan soal berat headset gaming. Biasanya, kalian lebih tertarik untuk memperhatikan spesifikasi teknis yang terkait dengan fitur ataupun kualitas suara headset tersebut.

Wajar sih, karena memang headset gaming biasa dinilai dari kualitas suara yang dihasilkannya. Meski demikian, persoalan bobot atau berat gaming headset tidak bisa dikesampingkan loh.

Kenapa? Ya, karena berat headset gaming turut menentukan kenyamanannya saat digunakan. Headset yang terlalu berat akan memberi tekanan yang lumayan besar pada kepala dan leher kalian.

Mungkin jika digunakan dalam waktu yang sebentar, hal tersebut tidak berpengaruh signifikan. Tetapi, biasanya kita menggunakan headset gaming dalam waktu lama sehingga lambat laun, berat headset tersebut akan mempunyai efek signifikan.

Sebaiknya Headset Tidak Terlalu Ringan Atau Terlalu Berat

Baiklah, dengan demikian dapat disimpulkan sementara bahwa headset yang lebih ringan umumnya lebih nyaman dipakai dalam waktu lama. Kesimpulan awal ini memang tidak salah.

Dengan menggunakan headset yang ringan – beberapa produsen menggunakan marketing gimmick: superlight headset, tekanan pada kepala saat menggunakannya memang tidak terlalu berat. Bahkan, kita seakan dibuat seperti tidak sedang menggunakan headset gaming.

Tapi, perlu diingat pula bahwa headset yang terlalu ringan akan identik dengan build quality seadanya. Tidak bisa dipungkiri bahwa headset yang ringan biasanya menggunakan material yang “murah”, seperti penggunaan material plastik, penggunaan magnet driver yang pas-pasan, atau material lain yang cenderung “minimalis”.

Itu tentu berbeda dengan headset yang lebih berat. headset yang lebih berat biasanya lebih tahan lama dan terbuat dari bahan berkualitas lebih tinggi.

Penting untuk diketahui bahwa bantalan bantalan tambahan dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan tambahan yang disebabkan oleh bobot ekstra dari headset gaming yang lebih berat.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, tentu bisa serta merta headset gaming super ringan yang lantas jadi pilihan satu-satunya. Kita perlu mempertimbangkan headset gaming yang mempunyai berat ideal. Pas, tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan.

Foto: Rexus Thundervox HX9

Berat Rata-rata Headset Gaming Ideal

Pertanyaan selanjutnya tentu adalah berapa berat rata-rata headset gaming yang ideal? Pertanyaan tersebut tidak mudah untuk dijawab karena ada beberapa faktor yang perlu diketahui sebelumnya. Faktor pertama adalah jenis atau tipe headset, apakah headset kabel atau headset nirkabel.

Untuk faktor jenis tipe headset kabel atau nirkabel, ditemukan fakta umum bahwa headset nirkabel cenderung lebih berat daripada headset dengan kabel. Penambahan berat itu disebabkan karena adanya tambahan baterai tanam dalam headset. Semakin besar kapasitas baterainya, tentu lebih berat headset tersebut secara keseluruhan.

Kedua, tentu adalah desain dan material headset tersebut. Ada headset yang menggunakan material campuran logam seperti Rexus Headset HX20 atau yang menggunakan material plastik seperti pada headset F22.

Seperti kita ketahui bersama, headset dengan material logam tentu lebih berat daripada headset yang seluruh komponennya terbuat dari plastik.

Ketiga, tipe headset. Ada headset gaming yang memang hadir sebagai lightweight headset gaming. Tipe headset ini mempunyai berat di bawah 300 gram. Saat ini, headset gaming kelas lightweight teringan di kisaran bobot 210 gram.

Dari ketiga faktor tersebut, kita dapat menemukan pentunjuk bahwa kisaran berat headset yang ideal adalah sekitar 300an gram.

Menurut info dari pcmecca.com, rentang berat headset gaming adalah 210 gram hingga 300gram. Beberapa headset gaming ternama beratnya sekitar 250an gram. Berat tersebut tentunya merupakan berat kotor ya, belum terhitung dengan berat kabelnya.

Foto: Headset Rexus HX20 White Edition

Bagaimana Cara Menentukan Headset yang Cocok?

Angka-angka bobot headset tersebut bersifat relatif ya. Ada pengguna yang menggunakan headst dengan berat di atas 300gram tetap nyaman karena (mungkin) sudah terbiasa menggunakan headset yang berat. Tetapi, ada pengguna yang menggunakan headset lightweight pun masih terasa terbebani.

Untuk menentukan berat headset yang paling pas buat kita, sebaiknya kita langsung mencobanya sendiri sebelum membeli. Beberapa referensi menganjurkan kita mencoba langsung sebuah headset selama sekitar 30 menit sebelum bisa menentukan headset tersebut nyaman atau tidak buat kita pakai.

Anjuran tersebut menarik juga untuk dipraktikkan. Buat kamu yang ingin beli headset Rexus, jangan sungkan untuk melakukan hal yang sama. Cobalah dulu headset Rexus di showroom resmi Rexus Zone Mangga Dua Mall atau dealer resmi Rexus, seperti Igamer World Harco Mangga Dua. Di sana, kamu bisa mencoba dan membandingkan beragam headset berdasar dari kualitas hingga beratnya.

Jadi, mau yang ringan atau yang berat?

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published