Switch Mouse Gaming Kaihl Memang Bukan Kaleng-kaleng. Simak Keunggulannya!

Gamer, buat beberapa dari pengguna mouse, tipe dan merek switch jadi salah satu acuan dalam memilih sebuah mouse. Wajarlah karena memang operasional mouse salah satunya ditentukan oleh switch tersebut.

Switch menentukan kecepatan klik, kenyamanan penggunaan, dan durabilitas sebuah mouse. Selain itu, tombol juga memungkinkan pengguna melakukan variasi saat menekannya, misalnya melakukan drag click dan sebagainya.

Switch atau tombol mouse gaming memang menjadi salah satu factor terpenting yang menentukan kehandalan dan kenyamanan menggunakan mouse. Layaknya senjata ASG pada game Point Blank, mouse sangat menentukan gerakan kalian di game. Arah gerakan heroes yang kalian gunakan, ketepatan membidik target, dan kecepatan melakukan tembakan ditentukan oleh keahlian kalian menggunakan dan memencet tombol mouse.

Switch Mouse: Omron, Kaihl, Huano

Jika kalian memang penggemar game PC atau pengguna mouse, setidaknya, tentunya sudah mengenal beberapa merek switch. Seperti diketahui, ada banyak merek switch mouse yang ada di pasaran. Sebut saja, Omron, Kinzu, Kana, Himake, Panasonic, Huano, Zippy, Qiaoh, dan TTF. Di antara banyak nama tersebut, merek switch Omron dan Kailh tentu sudah dikenal banyak orang.

Omron tentu saja tidak perlu ditanyakan kembali. Merek switch asal Jepang ini memang merupakan salah satu tombol favorit merek mouse, seperti Rexus, Logitech, hingga Razer.

Untuk switch Huano, kalian tentu juga makin sering mendengar merek ini di spesifikasi mouse Rexus, terutama untuk mouse kelas menengah, seperti seri Xierra. Meski baru, merek switch mouse ini makin disukai produsen peralatan gaming karena murah namun kualitasnya bisa diadu dengan merek lain yang harganya lebih mahal, terutama di aspek ketahanan.

Dari segi ketahanan, secara umum, Huano mempunyai daya tahan atau lifespan di bawah rata-rata switch Omron. Ketahanan switch Huano rerata berkisar antara 3 – 10 juta kllik, tergantung dari masing-masing tipe. Beberapa sumber mengklaim beberapa tipe switch Huano mempunyai daya tahan hingga 20 juta kali.

Bagaimana dengan Switch Kaihl?

Kalian tentu juga tidak asing dengan merek switch yang satu ini. Kailh adalah salah satu produsen switch mekanis yang terkenal. Tidak hanya menyediakan switch untuk mouse, Kaihl juga tersedia untuk keyboard.

Switch mouse Kaihl merupakan salah satu produk dari Kaihua Electronics Co., Ltd, sebuah perusahaan semikonduktor besar asal Dongguan, Cina, yang berdiri sejak 1990 lampau. Perusahaan ini mempuyai standar produk yang tinggi.

Dalam industri mouse gaming, Kaihl sudah banyak digunakan oleh brand mouse terkenal, seperti Logitech. Tak hanya merek itu, Rexus pun menggunakan switch ini pada mouse DAXA Air Wireless 2 seri terbaru.

Mau tahu lebih banyak mengenai tipikal switch ini, berikut deskripsi beberapa tipe switch Kaihl yang banyak digunakan saat ini.

Foto: Kaihl Red/mouseclub.co

Kaihl GM 4.0 Red

Switch dengan housing merah ini merupakan tipe switch Kaihl yang paling umum digunakan produsen mouse. Dari segi tekanannya, switch ini tidak jauh dari aktuasi kebanyakan switch Omron ataupun Huano.

Foto: Kaihl teals/mouseclub.co

Kaihl GM 2.0 Teals

Switch ini tidak sepopuler GM4.0, tetapi tipe ini justru merupakan salah satu lini produk premium Kaihl. Sensasi klik switch ini sedikit lebih lembut.

Dari segi material, elemen switch ini berlapis emas, berbeda dengan GM 4.0 yang berlapis perak. Dari segi ketahanan, switch ini diklaim dapat tahan hingga puluhan juta klik.

Foto: Kaihl black/mouseclub.co

Kaihl GM 8.0

Switch ini menjadi seri terbaru dari Kailh. Saat ini, switch GM8.0 merupakan switch yang paling ringan dan yang paling tahan lama dari semua sakelar seri GM. Meski ringan, sensasi tactile tetap terasa pada switch ini.

Tentu saja, switch bukanlah satu-satunya yang perlu diperhatikan dalam memilih mouse gaming andalan. Ada faktor kualitas sensor, bentuk yang ergonomis, kualitas LED, kelengkapan fitur macro, fleksibitas kabel, dan tentu saja, kenyamanan lapisan alas mouse (mousefeet) yang akan memaksimalkan pergerakan.

Semua komponen tersebut saling mendukung dalam menciptakan sebuah mouse berkualitas. Semoga paparan di atas bisa jadi acuan buat kalian untuk menentukan mouse gaming berkualitas.

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published