Cara Sterilkan Mouse dan Keyboard Gaming Agar Terhindar dari Covid-19

Gamer, tahukah kamu kalau virus penyebab Covid-19 dapat hidup selama 2-3 hari di permukaan plastik seperti mouse gaming dan keyboard gaming kamu?

Ya. Neeltje van Doremalen, seorang pakar virologi di US National Institutes of Health (NIH) menemukan fakta bahwa virus Corona dapat menetap di permukaan keras selama beberapa waktu dan berpotensi untuk aktif menular saat dipegang atau disentuh.

Keyboad

Media Penularan

Dengan fakta tersebut, kita tidak bisa mengesampingkan sama sekali kebersihan mouse dan keyboard gaming yang kita gunakan. Meski berada di rumah sekalipun!

Bisa saja tanpa kita sadari, saat kita atau anggota keluarga kita yang habis berpergian dari luar dan kemudian menyentuh peralatan gaming kita menempelkan virus tersebut tanpa sadar.

Selama beberapa hari,virus tersebut akan menempel dan hidup di peralatan gaming. Jika akhirnya peralatan gaming tersebut tersentuh orang lain dan masuk ke dalam saluran pernafasannya, maka orang tersebut terpapar oleh virus Corona.

Mungkin kakakmu, adik, atau saudaramu… hiii amit-amit deh. Agar hal tersebut tak terjadi, mulai saat ini, perhatikan dengan baik-baik kebersihan peralatan gaming kamu.

pembersih keyboard

Back Camera

Bagaimana caranya agar terhidar dari paparan virus? Nih caranya

  1. Bedakan antara membersihkan dan membebaskan benda dari kuman ya. Kalau membersihkan, kamu sekedar menghilangkan debu atau kotoran dari permukaan benda, sedangkan membebaskan dari kuman adalah mensterilkan.
  2. Siapkan 2 macam lap. Satu lap untuk menyeka permukaan mouse dan keyboard gaming dengan cairan desinfektan dan satu lap bersih untuk mengeringkannya.
  3. Untuk mensterilkan peralatan gaming kamu, dibutuhkan cairan desinfektan berupa alkohol atau ethanol dengan kadar 60 – 70 persen. Kamu bisa membeli cairan pembersih lainnya seperti semprotan pembersih yang mempunyai kandungan bahan ethanol ataupun isopropanol.
  4. Penggunaan cairan pembersih berbahan dasar alkohol atau ethanol memang paling dianjurkan karena setelah beberapa saat, bahan tersebut akan menguap sehingga meminimalisir terjadinya konsleting pada alat elektronik.
  5. Jika bahan tersebut susah diperoleh, kamu juga dapat menggunakan campuran natriium hipoklorit yang banyak terdapat di cairan pemutih. Tapi, jika menggunakan bahan ini, hindari penggunaan secara sering karena bersifat korosif, terutama pada cat produk gaming kamu.
  6. Basahi lap dengan cairan tersebut dan lap di semua permukaan mouse dan keyboard gaming. Setelah selesai, segera ulangi mengelap dengan lap bersih agar sisa cairan segera hilang dari permukaan plastik.
  7. Saat mengelap peralatan gaming kamu, pastikan dalam keadaan mati dan tidak tercolok pada laptop ataupun komputer.
  8. Jika mempunyai peniup udara atau penyedot debu, gunakan alat tersebut untuk menyedot pada bagian-bagian yang tak bisa terjangkau lap.
  9. Jangan lupa untuk mengelap bagian kabel mouse dan keyboard ya. Karena biasanya berupa lapisan serat nilon rajut, banyak kotoran masuk di sela-sela rajutan tersebut.
  10. Untuk keyboard mekanikal, seperti Rexus Legionare MX3.1, MX5.1, MX8, dan MX10, pembersihan dapat lebih menyeluruh karena kamu bisa mencabut semua keycaps yang ada untuk kemudian membersihkan bagian dalamnya. Untuk membersihkan perangkat ini, pastikan kamu menggunakan cairan berbahan dasar alkohol.

Mudah, bukan? Biasakan untuk secara teratur mensterilkan perangkat gaming kamu ya, Gaes. Jangan beri kesempatan virus Corona bersarang di peralatan gaming!

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published