Switch North Facing VS South Facing. Mana yang Lebih Baik?

Gamer, salah satu target modifikasi keyboard adalah mengganti switch. Tujuannya tentu agar kita dapat memperoleh sensasi mengetik yang sesuai selera. Tiap warna switch mempunyai karakteristik tertentu, bukan?

Selain karakter switch sesuai dengan warnanya, hal yang harus kamu pastikan sebelum mengganti switch keyboard adalah posisi, profile, dan jumlah pin pada switch. Berdasarkan jumlah pin, ada switch yang berjumlah 3 pin dan 5 pin.

Sedangkan, jika berdasar posisi pin, kita sering mendengar ada istilah north facing dan south facing switch. Apakah kalian tahu makna dari dua istilah tersebut?

pcb switch keyboard

Apa Itu Switch North dan South Facing?

Istilah ini memang belum lama muncul. Meski sebenarnya yang dibahas itu relatif sederhana, yaitu menyoal arah switch. Tetapi istilah ini sering jadi perdebatan di antara banyak gamer, terutama gamer PC. Biar lebih jelas, mari kita bahas satu per satu.

North facing switch

North facing switch adalah switch dengan posisi titik LED berada di atas atau sering dianalogikan dengan arah "utara" di soket PCB keyboard. Switch yang menghadap ke utara ini lebih umum daripada switch yang menghadap ke selatan.

South facing switch

South facing switch adalah switch dengan posisi LED yang berada di bawah atau merujuk pada posisi "selatan", yaitu mengarah ke posisi kamu saat duduk. Switch ini kurang umum daripada switch yang menghadap ke utara.

Meski south facing switch kurang umum, namun kini makin banyak produsen mulai memproduksi PCB dengan soket switch tipe ini. Apa alasannya?

Keluhan terbesar yang sering muncul akibat menggunakan profil PCB north facing switch adalah tipe ini tidak bisa digunakan bersama dengan keycap profil Cherry. Saat menggunakan tombol Cherry pada switch yang menghadap ke utara, penutup tombol akan mengenai bagian atas switch.

Hal itu akan membuat keycap terganjal sehingga switch tidak bisa turun sempurna. Selain itu, suara switch juga akan menjadi ganjil, tidak enak didengar. Sebenarnya, keyboard north facing switch masih dapat menggunakan keycaps profil Cherry, tapi hasilnya takkan maksimal.

switch cherry

Semua Karena Cherry

Tak bisa dipungkiri, Cherry adalah profil paling populer untuk keycaps. Banyak penggemar keyboard yang memilih untuk mengalah dengan membeli keyboard dengan switch menghadap selatan demi agar bisa dipadukan dengan switch ini.

Jika itu memang seperti itu, kamu akan berpikir solusinya adalah bagi produsen untuk hanya memasang soket switch yang menghadap ke selatan di setiap keyboard yang mereka buat, bukan?

Ternyata tidak sesederhana itu, Ferguso. South facing switch juga mempunyai kendala loh. Masalah yang sering muncul adalah soal pencahayaan LED.

Saat menggunakan north facing switch, LED RGB berada tepat di bawah keycaps. Ini menciptakan pencahayaan yang bagus pada keycap, terutama pada keycap yang menggunakan model pudding, seperti pada keyboard gaming Rexus MX9P.

Namun, hal itu tidak bisa maksimal saat menggunakan south facing switch. Saat menggunakan switch yang menghadap ke selatan, LED RGB berada di sisi bawah setiap tombol.

Ini berarti bahwa LED bersinar melalui ruang kosong di dalam keycap. Cahaya tidak keluar dari lapisan cetakan huruf yang berada di atas keycap. Akibatnya, pencahayaan keycap tidak maksimal.

Buat produsen yang mengutamakan soal pencahayaan, mereka tentu enggan untuk menggunakan profil south facing switch ini.

Dilematis, memang. Satu sisi, kita ingin mendapatkan housing yang tepat untuk switch Cherry, namun di sisi lain, kita harus belajar merelakan kilau RGB keyboard kita.

Di sini, kita memang diajari untuk bisa memilih…. Halah. Namun, masalah RGB bukan masalah bagi banyak penggemar profil Cherry, karena kebanyakan dari mereka menggunakan keycaps PBT yang memang tidak meneruskan pencahayaan secara optimal.

Adakah Solusinya?

Pertanyaan yang lalu muncul adalah bisakah kita mengubah north facing switch jadi south facing switch dan sebaliknya? Sayangnya, jawabannya adalah tidak.

Kamu tidak dapat mengubah arah soket switch keyboard kamu. Itu dikarenakan switch dirancang untuk dipasang dengan cara tertentu di PCB keyboard. Selain itu, ada lubang yang dibor ke PCB untuk pin di switch.

Karena pin hanya satu arah, kamu tidak bisa begitu saja memutar switch ke arah lain untuk membuat switch yang menghadap ke utara menghadap ke selatan atau sebaliknya.

Foto: keyboard Rexus MX20

Switch Utara – Selatan, Mana yang lebih Baik?

Meski dilematis, tetapi jika kita boleh memilih, mungkin lebih baik menggunakan switch yang menghadap ke selatan di keyboard. Kenapa? Switch yang menghadap ke selatan memungkinkan kita untuk menggunakan semua jenis keycap tanpa gangguan, yang akan memberikan suara dan nuansa yang lebih baik pada keyboard.

Memang sih, kita harus mengalahkan soal bling-bling RGB. Tetapi, pencahayaan yang indah lebih didominasi oleh para gamer yang baru mengenal hobi ini – yang masih suka kurang sadar kalau keyboard-nya terkadang menyilaukan orang lain.

Namun, sekali lagi, ini adalah pilihan. Kamu sendiri yang menentukan. Jika ingin menggunakan keyboard yang menonjolkan penampilan, north facing switch bisa jadi pilihan. Tapi, jika mengharapkan penggunaan yang lebih banyak pilihan untuk beragam switch, south facing switch bisa dipilih.

Atau, kamu punya dua-duanya…

Related aticles

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published